PENERAPAN METODE JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN SISWA KELAS V SD NEGERI 163084 TEBING TINGGI

Mawati Lumbangaol

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan upaya untuk peningkatan prestasi belajar dengan menerapkan metode jigsaw learning pada siswa kelas V SDN 163084 Tebing Tinggi. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan subyek siswa kelas V SDN 163084. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi dan tes tertulis setiap individu dan kelompok pada akhir pelajaran. Data yang diperoleh dari tiap-tiap siklus dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlibatan siswa meningkat yang berdampak pada prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode jigsaw learning, dengan hasil sebagai berikut: pada siklus I rata-rata nilai kelas 68 meningkat menjadi 85 pada siklus II dengan ketuntasan belajar pada siklus I 66,66% meningkat menjadi 93,93% pada siklus II. Dengan demikian penerapan metode jigsaw learning untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI di kelas V SD Negeri 163084 dikatakan berhasil.

 

Kata Kunci: Metode Jigsaw Learning, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6864

Article Metrics

Abstract view : 363 times
PDF - 261 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.