MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN LEARNING COMMUNITY DI KELAS VIII.1 SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8118Abstract
ABSTRAKPenelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa khusunya di kelas VIII.1 SMPN 5 Tebing Tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ulangan harian IPS yang pertama di kelas VIII.1 SMPN 5 Tebing Tinggi pada kompetensi dasar mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan mencapai rata-rata 57,8 dan hanya 50 % siswa mencapai nilai 70 atau > 70. Padahal idealnya minimal harus mencapai 100% siswa mendapat 70 atau > 70. Hasil belajar pada siklus I terdapat kenaikan prestasi belajar berupa rata “ rata kelas menjadi 69,89 dan sebanyak 65 % siswa memperoleh nilai tuntas. Nilai terendah adalah 50 dan nilai tertinggi adalah 90. Hasil belajar pada siklus II terdapat kenaikan prestasi belajar berupa rata “ rata kelas menjadi 83.3 dan sebanyak 90 % siswa memperoleh nilai tuntas. Nilai terendah adalah 70 dan nilai tertinggi adalah 100.Kata Kunci : Prestasi Belajar, Learning Community, SMP N 5Downloads
Published
2018-01-02
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.