MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN LEARNING COMMUNITY DI KELAS VIII.1 SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa khusunya di kelas VIII.1 SMPN 5 Tebing Tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ulangan harian IPS yang pertama di kelas VIII.1 SMPN 5 Tebing Tinggi pada kompetensi dasar mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan mencapai rata-rata 57,8 dan hanya 50 % siswa mencapai nilai 70 atau > 70. Padahal idealnya minimal harus mencapai 100% siswa mendapat 70 atau > 70. Hasil belajar pada siklus I terdapat kenaikan prestasi belajar berupa rata – rata kelas menjadi 69,89 dan sebanyak 65 % siswa memperoleh nilai tuntas. Nilai terendah adalah 50 dan nilai tertinggi adalah 90. Hasil belajar pada siklus II terdapat kenaikan prestasi belajar berupa rata – rata kelas menjadi 83.3 dan sebanyak 90 % siswa memperoleh nilai tuntas. Nilai terendah adalah 70 dan nilai tertinggi adalah 100.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Learning Community, SMP N 5
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8118
Article Metrics
Abstract view : 313 timesPDF - 428 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.