PENINGKATAN KETERAMPILAN DISKUSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY

Erika Sitorus

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran diskusi dan meningkatkan keterampilan diskusi siswa kelas VII SMP N 5 Tebing Tinggi,  melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu persentase ketercapaian indikator keterampilan diskusi mengalami peningkatan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan: (1) secara proses, pembelajaran diskusi mengalami peningkatan yang signifikan. Sebelum implementasi tindakan, siswa masih belum aktif melakukan diskusi dan belum mampu bekerjasama dengan baik pada saat berdiskusi. Setelah implementasi tindakan, siswa menjadi aktif dan mampu bekerjasama dengan baik pada saat berdiskusi; (2) secara produk, siswa dalam berdiskusi pada saat pratindakan dengan skor rata-rata 7,31 dan pada akhir pelaksanaan tindakan yakni siklus III menjadi 20,90. Kemampuan siswa dalam berdiskusi mengalami peningkatan sebesar 13,59.

Kata Kunci : Two Stay Two Stray, Keterampilan Diskusi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8119

Article Metrics

Abstract view : 338 times
PDF - 745 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.