THE EFFECT OF TEACHING TECHNIQUES AND LEARNING MOTIVATION ON ARGUMENTATIVE ACHIEVEMENT OF GRADE XI STUDENTS.

Albert Sirait

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Prestasi Tulisan Argumentatif siswa yang diajarkan oleh Consultancy Prewriting Protocol Technique (CPPT) secara signifikan lebih tinggi daripada yang diajarkan oleh Word Wall Technique (WWT). Penelitian eksperimen dengan disain faktorial 2x2.  120 siswa kelas XI SMK Negeri 11 Medan sebagai sampel. Motivasi belajar diukur dengan kuesioner. Prestasi tulisan Argumentatif diukur berdasarkan struktur umun tulisan Argumentatif. Data dianalisis menggunakan ANOVA dua arah. (1) prestasi siswa yang diajarkan oleh CPPT (x = 77,95) lebih tinggi daripada yang diajarkan oleh WWT (x = 72,85) dengan Fhitung = 73,8 > Ftabel = 3,92. (2) prestasi siswa dengan motivasi belajar tinggi (x = 83,5) lebih tinggi daripada motivasi belajar rendah (x = 66,95) dengan Fhitung = 6,72 > Ftabel = 3,92. (3) terdapat interaksi yang signifikan antara teknik mengajar dan motivasi belajar dengan Fhitung = 28,4 < Ftable = 3,92.

Kata Kunci: Argumentatif, Motivasi Belajar, Teknik Pengajaran.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8136

Article Metrics

Abstract view : 288 times
PDF - 225 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.