UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DALAM MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK CLOSE ( DELETION )

Delima Sormin

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dalam menulis puisi siswa kelas VI SD Negeri 165725 kota Tebing Tinggi dengan menggunakan teknik close (deletion). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).. Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 165725 kota Tebing Tinggi yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik  analisis dekriptif kualitatif. Peningkatan ketuntasan klsikal dalam hal menulis puisi dapat dilihat Jika pada pra siklus persentase ketuntasan 61,58 % maka pada siklus II meningkat menjadi 66,88 %. Terjadi peningkatan 5,30% pada siklus I jika dibandingkan dengan kegiatan pra siklus. Peningkatan ketuntasan klasikal juga terlihat setelah siklus II dilaksanakan, jika pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 66,88% maka pada siklus II persentase ketuntasan 76,00%. Terjadi peningkatan 9,12 % pada siklus II jika dibandingkan dengan siklus I. Berdasarkan dari keterangan tersebut dapat dikatakan bahwa penelitian dengan menggunakan teknik close (deletion) dalam upaya meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dalam menulis puisi dikatakan berhasil.

Kata Kunci : Hasil Belajar , Puisi, Teknik close (deletion)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8137

Article Metrics

Abstract view : 360 times
PDF - 416 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.