PROGRAM PENYIAPAN SISWA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL : DIAGNOSIS DAN REMEDIASI KESULITAN PENGUASAAN MATERI UJIAN (KPMU)

Mirza Irawan, Asiah Asiah, Rafael Lisinus Ginting

Abstract


ABSTRAK

Ujian Nasional dipandang oleh siswa memiliki kedudukan yang sangat penting, sehingga siswa takut gagal. Hal itu ditegaskan oleh Nevid   (2005) yang menyatakan bahwa keterfokusan siswa terhadap Ujian Nasional, menjadikan ujian Nasional  sebagai  salah  satu  sumber  kecemasan  bagi  seorang  siswa.  Santrock (2007) menambahkan ketika menghadapi ujian siswa kadang merasa cemas atau khawatir saat menghadapi kesulitan di sekolah, seperti saat akan mengerjakan ujian. Fenomena kecemasan menghadapi ujian  Nasional merupakan fenomena yang umum terjadi di  kalangan siswa.  Perasaan   tertekan,     khawatir,     dan takut    akan kegagalan, yang    dirasakan siswa    saat menghadapi  Ujian Nasional adalah hal yang paling membebani para siswa, sehingga untuk mengatasi sindrom yang menggejala tersebut diperlukan upaya persiapan dan dukungan integral dari aspek  material,  moral,  mental,  psikologis,  spiritual,  intelektual  dan  emosional yang dilakukan pihak yang terkait. Dalam mengatasi permasalahan tersebut tim pengabdi  merumuskan dan mengimplementasikan program kerja sama guru bimbingan konseling dan guru matapelajaran dalam mempersiapkan siswa menghadapi ujian nasional. Secara umum program penyiapan siswa menghadapi ujian nasional ini meliputi kegiatan sosialisasi program, pelaksanaan program, dan pelaporan dan evaluasi. Model program penyiapan siswa menghadapi ujian nasional ini dilakukan dengan metode diagnosis dan remediasi.

Kata Kunci : ujian nasional, diagnosis, remediasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8144

Article Metrics

Abstract view : 659 times
PDF - 824 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.