PROGRAM PENYIAPAN SISWA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL : DIAGNOSIS DAN REMEDIASI KESULITAN PENGUASAAN MATERI UJIAN (KPMU)
Abstract
ABSTRAK
Ujian Nasional dipandang oleh siswa memiliki kedudukan yang sangat penting, sehingga siswa takut gagal. Hal itu ditegaskan oleh Nevid (2005) yang menyatakan bahwa keterfokusan siswa terhadap Ujian Nasional, menjadikan ujian Nasional sebagai salah satu sumber kecemasan bagi seorang siswa. Santrock (2007) menambahkan ketika menghadapi ujian siswa kadang merasa cemas atau khawatir saat menghadapi kesulitan di sekolah, seperti saat akan mengerjakan ujian. Fenomena kecemasan menghadapi ujian Nasional merupakan fenomena yang umum terjadi di kalangan siswa. Perasaan tertekan, khawatir, dan takut akan kegagalan, yang dirasakan siswa saat menghadapi Ujian Nasional adalah hal yang paling membebani para siswa, sehingga untuk mengatasi sindrom yang menggejala tersebut diperlukan upaya persiapan dan dukungan integral dari aspek material, moral, mental, psikologis, spiritual, intelektual dan emosional yang dilakukan pihak yang terkait. Dalam mengatasi permasalahan tersebut tim pengabdi merumuskan dan mengimplementasikan program kerja sama guru bimbingan konseling dan guru matapelajaran dalam mempersiapkan siswa menghadapi ujian nasional. Secara umum program penyiapan siswa menghadapi ujian nasional ini meliputi kegiatan sosialisasi program, pelaksanaan program, dan pelaporan dan evaluasi. Model program penyiapan siswa menghadapi ujian nasional ini dilakukan dengan metode diagnosis dan remediasi.
Kata Kunci : ujian nasional, diagnosis, remediasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8144
Article Metrics
Abstract view : 659 timesPDF - 824 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.