UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMP NEGERI 5
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis M targart, dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 kota Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis dekriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Penerapan Pembelajaran dengan model Jigsaw materi kebebasan mengemukakan pendapat pada mata pelajaran PKN di kelas VII SMP Negeri 5 kota Tebing Tinggi memiliki dampak positif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan aktivitas dan motivasi siswa dalam setiap siklus, dan dinyatakan berhasil.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i3.9261
Article Metrics
Abstract view : 384 timesPDF - 719 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.