PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SMP NEGERI 8 KOTA TEBING TINGGI DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 MELALUI KEGIATAN PENDAMPINGAN

Raimunda Simanjuntak

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru kelas VII SMP Negeri 8 kota Tebingtinggi dalam menyusun RPP menggunakan kurikulum 2013. Subjek penelitian ini adalah guru-guru kelas VII sebanyak 30 orang guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Suharsimi Arikunto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru-guru kelas VII meningkat dalam merancang RPP menggunakan kurikulum 2013 setelah dilaksanakan kegiatan pendampingan. Hal ini dapat terlihat dari hasil penilaian dan observasi yang dilakukan oleh peneliti jika sebelum pendampingan dilakukan jumlah guru yang mampu membuat RPP dengan menggunakan kurikulu 2013 hanya sebanyak 6 orang guru (21%) maka setelah siklus II dilaksanakan jumlah guru yang mampu membuat RPP kurikulum 2013 meningkat menjadi 26 orang guru (87%). Terjadi peningkatan kemampuan guru sebanyak 20 orang (66%).

Kata kunci : RPP, Kurikulum 2013, Pendampingan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i3.9264

Article Metrics

Abstract view : 398 times
PDF - 354 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.