UPAYA MENINGKAKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN KELAS IX 8 SMP NEGERI 4 TEBING TINGGI

Abd. Kadir

Abstract


ABSTRAK

Penelitian di SMP Negeri 4 Tebing Tinggi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan metode eksperimen dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IX.8 SMP Negeri 4 Tebing Tinggi sebanyak satu kelas yang berjumlah 35 siswa. Hasil temuan penelitian persentasi hasil keaktifan belajar siswa berdasarkan pengamatan observer pada tindakan siklus I pertemuan I yaitu 71,52% (cukup aktif), siklus I pertemua II yaitu 72,30% (cukup aktif), sedangkan persentasi hasil keaktifan belajar siswa pada tindakan siklus II pertemuan I yaitu 82,30% (aktif), siklus II pertemuan II yaitu 84,01% (aktif). Hasil pengamatan guru kelas tentang penerapan metode eksperimen tindakan siklus I pertemuan I yaitu 68,75% (kurang baik), dan tindakan siklus I pertemuan II yaitu 78,12% (cukup baik), sedangkan hasil pengamatan guru kelas tentang penerapan metode eksperimen tindakan siklus II pertemuan I yaitu 87,5% (baik) dan tindakan siklus II pertemuan II yaitu 93,75% (sangat baik).

Kata kunci: Eksperimen, Meningkatkan, Menggunakan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i3.9265

Article Metrics

Abstract view : 414 times
PDF - 347 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.