UPAYA MENINGKAKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN KELAS IX 8 SMP NEGERI 4 TEBING TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i3.9265Abstract
ABSTRAKPenelitian di SMP Negeri 4 Tebing Tinggi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan metode eksperimen dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IX.8 SMP Negeri 4 Tebing Tinggi sebanyak satu kelas yang berjumlah 35 siswa. Hasil temuan penelitian persentasi hasil keaktifan belajar siswa berdasarkan pengamatan observer pada tindakan siklus I pertemuan I yaitu 71,52% (cukup aktif), siklus I pertemua II yaitu 72,30% (cukup aktif), sedangkan persentasi hasil keaktifan belajar siswa pada tindakan siklus II pertemuan I yaitu 82,30% (aktif), siklus II pertemuan II yaitu 84,01% (aktif). Hasil pengamatan guru kelas tentang penerapan metode eksperimen tindakan siklus I pertemuan I yaitu 68,75% (kurang baik), dan tindakan siklus I pertemuan II yaitu 78,12% (cukup baik), sedangkan hasil pengamatan guru kelas tentang penerapan metode eksperimen tindakan siklus II pertemuan I yaitu 87,5% (baik) dan tindakan siklus II pertemuan II yaitu 93,75% (sangat baik).Kata kunci: Eksperimen, Meningkatkan, Menggunakan.Published
2017-12-15
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.