PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN KETRAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan bahan ajar berbasis multimedian
interaktif sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran KKPI, (2) Mengetahui tingkat
kelayakan bahan ajar berbasis multimedia interaktif sebagai media pembelajaran pada mata
pelajaran KKPI. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D)
dengan prosedur penelitian menggunakan model Borg & Gall. Pengembangan bahan ajar
berbasis multimedia interaktif, terdiri dari 4 tahap, yaitu: Analisis Kebutuhan, Desain
Pembelajaran, Desain pengembangan, Uji Coba dan Revisi Produk. Penentuan tingkat
kelayakan bahan ajar berbasis multimedia interaktif berdasarkan uji validasi para ahli dan uji
coba kepada siswa serta dilanjutkan dengan uji efektifitas. Secara keseluruhan, berdasarkan
penilaian ahli materi, ahli desain dan ahli media serta hasil uji coba pada siswa serta uji
efektifitas, maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada
pembelajaran layak digunakan dan lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Multimedia Interaktif, Pengembangan bahan ajar. Keterampilan computer dan
pengelolaan informasi
interaktif sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran KKPI, (2) Mengetahui tingkat
kelayakan bahan ajar berbasis multimedia interaktif sebagai media pembelajaran pada mata
pelajaran KKPI. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D)
dengan prosedur penelitian menggunakan model Borg & Gall. Pengembangan bahan ajar
berbasis multimedia interaktif, terdiri dari 4 tahap, yaitu: Analisis Kebutuhan, Desain
Pembelajaran, Desain pengembangan, Uji Coba dan Revisi Produk. Penentuan tingkat
kelayakan bahan ajar berbasis multimedia interaktif berdasarkan uji validasi para ahli dan uji
coba kepada siswa serta dilanjutkan dengan uji efektifitas. Secara keseluruhan, berdasarkan
penilaian ahli materi, ahli desain dan ahli media serta hasil uji coba pada siswa serta uji
efektifitas, maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada
pembelajaran layak digunakan dan lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Multimedia Interaktif, Pengembangan bahan ajar. Keterampilan computer dan
pengelolaan informasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3291
Article Metrics
Abstract view : 1350 timesPDF - 6597 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.