PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KALIMAT EFEKTIF PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif yang
layak digunakan, mudah dipelajari pebelajar dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2)
untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada
pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan yang
model Borg dan Gall yang dipadu dengan model pembelajaran Dick dan Carey. Hasil penelitian
menunjukkan; (1) uji ahli materi pelajaran Bahasa Indonesia berada pada kualifikasi sangat baik
(83,25%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (89,83%), (3) uji
ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kualifikasi sangat baik (89,19%), (4) uji coba
perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (91,55%), (5) uji coba kelompok kecil berada
pada kualifikasi sangat baik (90,72%), (6) uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik
(93,04%). Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif
dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran power
point. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 11,61 > ttabel = 1,69,
efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif = 87,70 %. Disimpulkan bahwa hasil
belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media game pembelajaran
sebesar 87,70% lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media
pembelajaran power point sebesar 69,90%.
Kata Kunci: pengembangan media pembelajaran, kalimat efektif, bahasa Indonesia
layak digunakan, mudah dipelajari pebelajar dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2)
untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada
pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan yang
model Borg dan Gall yang dipadu dengan model pembelajaran Dick dan Carey. Hasil penelitian
menunjukkan; (1) uji ahli materi pelajaran Bahasa Indonesia berada pada kualifikasi sangat baik
(83,25%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (89,83%), (3) uji
ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kualifikasi sangat baik (89,19%), (4) uji coba
perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (91,55%), (5) uji coba kelompok kecil berada
pada kualifikasi sangat baik (90,72%), (6) uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik
(93,04%). Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif
dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran power
point. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 11,61 > ttabel = 1,69,
efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif = 87,70 %. Disimpulkan bahwa hasil
belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media game pembelajaran
sebesar 87,70% lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media
pembelajaran power point sebesar 69,90%.
Kata Kunci: pengembangan media pembelajaran, kalimat efektif, bahasa Indonesia
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3296
Article Metrics
Abstract view : 755 timesPDF - 5264 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.