PENDAMPINGAN GURU MENGGUNAKAN BAHASA INGGERIS DALAM MENGAJAR DI SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL AL AZHAR MEDAN
Abstract
Abstrak
Program pendampingan guru di SDBI AL Azhar bertujuan untuk melatih guru: (1) menguasai sejumlah terhnical terms yang digunakan di dalam setiap topik materi; (2) menggunakan media pengajaran berbasis ICT; (3) menggunakan Bahasa Inggris yang benar dalam memberi penjelasan dan instruksi. Subjek pendampingan adalah guru mata pelajaran Matematika dan Sains. Pelatihan dan pendampingan menghasilkan RPP yang berisi: (1) technical terms yang diperlukan dalam setiap topik; (2) ujaran-ujaran berbahasa Inggeris yang diperlukan dalam memberi penjelasan; (3) ujaran-ujaran berbahasa Inggeris yang diperlukan dalam memberikan instruksi: (4) media pembelajaran berbasis ICT; dan (5) lembar kerja. Pelatihan dan pendampingan juga telah meningkatkan kemampuan guru dalam pengucapan dan menumbuhkan rasa percaya diri dalam menggunakan Bahasa Inggeris di kelas. Secara kelembagaan, kemandirian dan rasa percaya diri guru dalam merancang RPP sendiri telah meningkatkan kinerja sekolah.
Kata kunci : RPP, tehnical terms, SDBI Al-Azhar Medan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v3i1.1205
Article Metrics
Abstract view : 85 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by
Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.