Meningkatkan Hasil Belajar Agama Islam Melalui Metode Kisah

Endang Seri

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104205 Tembung. Waktu penelitian dilaksanakan September 2015 s/d Nopember 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri 104205 Tembung Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 26. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian hasil tes awal, dapat dilihat bahwa hasil belajar Dari 26 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 11 orang siswa (42,3%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 15 orang siswa (57,7%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 63,6. Dari 26 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 19 orang siswa (73%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 6 orang siswa (27%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 70. Dari 26 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 21 orang siswa (80,8%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 5 orang siswa (19,2%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 71,7.

Kata kunci: hasil belajar, agama islam, dan metode kisah.



DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v6i2.4343

Article Metrics

Abstract view : 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by

 

Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319




Creative Commons License
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.