Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn dengan Menggunakan Word Square Model
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn masih rendah dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah dan lebih menekankan pada membuat catatan dari buku paket, keaktifan siswa siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dalam kegiatan KBM masih belum optimal sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di kelas V A SD Negeri 104205 Tembung. Beberapa penemuan dapat ditemukan pada tes awal, dari hasil penelitian ini adalah setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu ada 4 siswa (17%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 47. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran word square diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 17 orang siswa (74%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 67. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan model pembelajaran word square diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 23 orang siswa (100%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 84.
Kata kunci: hasil belajar, PKn, dan word square model.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v6i2.4347
Article Metrics
Abstract view : 116 timesPDF - 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by
Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.