Implementasi E-booklet Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Gunungsitoli
DOI:
https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.68614Kata Kunci:
e-booklet interaktif, kemampuan analisis siswaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui implementasi e-booklet interaktif dalam pembelajaran dan interaktif dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Gunungsitoli. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian meliputi empat tahapan, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Empat tahapan tersebut berlangsung dalam 2 siklus. Instrumen penelitian berupa lembar observasi guru dan siswa, tes hasil belajar dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Gunungsitoli yang berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) Hasil observasi untuk guru pada siklus I mencapai rata-rata 56,24%, sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran meningkat menjadi 85,71%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II mencapai rata-rata sebesar 49,21% dan pada siklus II mencapai rata-rata sebesar 86,06% ; (2) Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72,40 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 85,31; (3) Persentasae ketuntasan yang dicapai pada siklus I adalah sebesar 46,87% sedangkan persentase ketuntasan pada siklus II sebesar 93,75% , terbukti dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa serta aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Kemampuan analisis dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan itu berarti akan berpengaruh pada hasil belajar yang juga meningkat.Referensi
Aisyah, R. N., & Rakhmawati, E. (2022). Penggunaan Media E Booklet Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Interaktif, 5(3), 98–107.
Anggraini, A. V. Pengaruh Media Blooket Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Pada Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Indonesia Di Sdn Jatisampurna X Kota Bekasi (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/79612.
Ardhita, T. D., & Zahara, R. (2019). Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 144-152. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/331
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, F., Noorhidayati, N., & Halang, B. (2024). Efektivitas Penggunaan E-booklet Konsep Sistem Reproduksi Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(1), 22-28.
Atika, A., & Nora, D. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa pada Materi Ketimpangan Sosial Melalui Model Problem Based Learning di Kelas XII IPS 2 SMA Pertiwi 1 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(2), 122-129.
Bakara, T. (2023). Efektivitas penggunaan media pembelajaran terhadap aktivitas mengajar guru di kelas. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1),205-212. https://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/227
Bitu, Y.S., Setiawi, A.P., Bili, F.G., Iriyani,S.A., & Patty, E.N. (2024). Pembelajaran Interaktif : Meningkatkan Keterlibatan dan Pemahaman Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 5(2), 193-198.
Febiana, C., Purbasari, I., & Riswari, L. A. (2024). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Analisis Matematika Melalui Model Make a Match Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 5(2), 1082-1092.
Febri, P. W. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran E-booklet Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Vii Smp N 1 Way Tenong Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi. Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/70067/.
Fitrianna, A. Y., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2021). Pengembangan Model E-Book Interaktif Berbasis Pembelajaran Induktif untuk Melatihkan Kemampuan Penalaran Aljabar Siswa SMP. Jurnal Pengembangan Teknologi Pendidikan, 9(2), 1564-1575.
Fitriyanti, P. (2021). Penggunaan e-book untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah menengah pertama. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 170-177. https://www.academia.edu/download/106527460/pdf.pdf
Fitriyani, A. V. (2020). Bahan Ajar E-Book Interaktif Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Berbasis Kontekstual. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 514-525.
Ghina, A. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Bridginganalogy Dan Aktivitas Belajar Terhadap High Order Thinkingskills (Hots) Siswa (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG). https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37443
Hafsah, H., Hidayat, N., & Susanto, L. H. (2023). Pengembangan E-Book Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa. Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 8(1).
Handayani, E. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis e-booklet interaktif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Digital, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.3334/jtppd.v5i2.2023
Nanda, I. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. Indramayu : CV. Adanu Abimata
Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121–13129.
Kodariah, L., Sutresna,Y., & Hardi, E. 2021. Pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan analisis siswa.. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (2), 27-32.
Kunandar. (2021). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Kusnaini. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Aritmetika Ditinjau Dari Gaya Belajar Di Smk Baitul Hikmah Tempurejo Jember. Skripsi. Sumber : http://digilib.uinkhas.ac.id/25114/
Kusuma, J.W dkk. (2023). Dimensi Media Pembelajaran (Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0). Jambi : PT. Sonpedia Publishing Indonesia
Lingga, A. D., & Silitonga, P. M. (2022). Penerapan Media E-booklet dalam Pembelajaran Ikatan Kimia di SMA. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(9), 656-660.
Martya, A., Ismail, S., & Oroh, F. A. (2025). Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Di Sma Negeri 2 Gorontalo Pada Materi Eksponensial. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 6(1), 214-223. https://www.lebesgue.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/825
Nst, A. N. T., & Simbolon, N. Pengaruh Penggunaan Media E-booklet Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah PGSD FKIP UNIMED, 7(3), 479-492. https://pdfs.semanticscholar.org/af80/0baf389093a25fdd2e5d1db204a93a0a95d9.pdf.
Pagarra, H., Syawaluddin, A., & Krismanto, W. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM : Makasssar
Prayitno, A., & Erman, E. (2020). Media dan Pembelajaran Digital Interaktif. Yogyakarta: Deepublish.
Putri, N. M., & Saino, S. (2020). Pengembangan booklet sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel materi perlindungan konsumen kelas XI BDP di SMKN Mojoagung. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 925-931.
Safitri, N. Q. L., & Prananta, R. (2022). Tahapan pembuatan E-booklet sebagai media informasi objek Wisata Kedung Kandang di Desa Wisata Nglanggeran. Electronical Journal of Social and Political Sciences, 9(4), 393-405.
Sari, D. P., Suryani, N., & Santoso, A. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran E-booklet dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Sikola, 1(1), 1-10.
Sari, W. Nawang, V. Pratiwi .(2024). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Heyzine pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X Akuntansi. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 8 (1). 12-30. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca
Shela, A. (2024). E-booklet Biologi Sebagai Solusi Media Pembelajaran Kelas Xi Sma Negeri 2 Gunung Labuhan (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG). http://repository.radenintan.ac.id/31919/
Sinaga, D. (2024). Buku Ajar Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta : UKI PRESS. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/14315
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Rizki, N. A. (2025). Studi Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Menggunakan Media Poster Dan Media Audio Visual Dengan Memperhatikan Aktivitas Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Gedong Tataan. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82272
Tsani, G., & Saptono, S. (2023). Development of Android-based Interactive E-booklet to Maximize Critical Thinking Skills and Student Learning Motivation. Journal of Environmental and Science Education, 3(2), 68-78.
Utami, B. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Di Kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/88905/
Violla, R., & Fernandes, R. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran E-booklet Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 13-23. https://doi.org/10.24036/SIKOLA.V3l1.144
Wahyuni, S., Mardiyaningsih, R., & Hasbiyati, H. (2022). Pengaruh Media E-booklet terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Sains, 5(2), 50-60.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Kornelia Candraria Ndruru, Eka Septianti Laoli, Arianto Lahagu, Yearning Harefa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.