MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABELDI KELAS VII-2 SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA

Duena Maritha Sihotang

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Pada Materi Persamaan linier Satu Variabel dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada saat tes awal diperoleh nilai rata-rata sebesar 55,94, menjadi 74,05 pada tes siklus I dan meningkat menjadi 81,35 pada tes siklus II. Adapun tingkat pemahaman konsep yang telah dipelajari pada indicator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari ketuntasan yang diperolah siswa pada siklus I 78,38 %(29 orang) meningkat pada siklus II 83,78 %(31 orang), pada indicator memberi contoh dan non contoh pada siklus I 62,16% (23 orang) meningkat pada siklus II 86,49% (32 orang), pada indicator menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur tertentu pada siklus I 59,46% (22 orang) meningkat pada siklus II 72,97%(27 orang).

 

Kata kunci : Hasil belajar, Group investigation, Persamaan linier satu variable


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i2.5921

Article Metrics

Abstract view : 314 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.