UPAYA GURU DALAM PROSES KREATIF TEATER ANAK USIA TK DI ART FOR CHILDREN YOGYAKARTA

Dinda Assalia Avero Pramasheilla

Abstract


Art For Children (AFC) adalah sebuah program yang bentuk oleh Taman Budaya Yogyakarta. Tercatat sebanyak 7 cabang seni yang diajarkan di dalamnya, salah satunya ialah teater. Proses kreatif teater pada AFC ini cukup menarik karena tidak menggunakan teks.  Penelitian ini mencoba melihat upaya yang dilakukan guru selama proses kreatif teater di kelas AFC. Peran tersebut tidak hanya tentang otoritas guru dalam kelas teater, tetapi juga cara guru memaknai dan melaksanakan perannya pada setiap tahapannya. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif, dengan metode pengumpulan data wawancara semi terskturktur, dokumen, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanannya, guru membagi dua tahapan yakni training dan rehearsal. Training yang berarti melatih keterampilan dasar anak dengan cara melakukan observasi di lingkungan sekitar, olah tubuh dan olah rasa. Kemudian berlanjut pada tahapan inti proses kreatif yakni rehearsal yang berarti melatih dengan mencapai tujuan tertentu atau dalam hal ini ialah mencipta naskah bersama-sama.


Keywords


proses kreatif, teater anak, Art For Children Yogyakarta

Full Text:

PDF

References


Fletcher-Watson, B. (2013). Child's Play: A Postdramatic Theatre of Paidia for the Very Young. Platform (17510171), 7(2).

Kapsteina, Adrienne dan Thalia R. Goldstein. (2019). Developing Wonder: Teaching Theatre For The Very Young Through Collaboration With Developmental Psychology. Youth Theatre Journal, 33:1, 52-69.

Klein, J. (2018). Learning Theatre from Children. In New Directions in Teaching Theatre Arts (pp. 209 224). Palgrave Macmillan, Cham.

Lobman, Carrie L. (2003). What Should We Create Today? Improvisational Teaching in Play Based Cassrooms. Early Years: An International Research Journal, 23:2, 131-142.

Miles, E. (2018). Bus Journeys, Sandwiches and Play: Young Children and The Theatre Event. Research in Drama Education: The Journal of Applied Theatre and Performance, 23(1), 20-39.

Patel, R., Schnädelbach, H., & Koleva, B. (2018). Come and Play: Interactive Theatre for Early Years. In Proceedings of the Twelfth International Conference on Tangible, Embedded, and Embodied Interaction (pp. 376-385).




DOI: https://doi.org/10.24114/gondang.v5i2.28175

Article Metrics

Abstract view : 275 times
PDF - 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @jurnalgondang