PENDAMPINGAN KELOMPOK SENIMAN JAWA DELI DALAM MENGELOLA INSTRUMEN MUSIK DODOK PADA PERTUNJUKAN SENI REOG

Inggit Prastiawan, Panji Suroso, Uyuni Widiastuti, Ruth Hertami Dyah Nugrahaningsih, Tri Danu Satria

Abstract


Kelompok seniman Reog yang berkiprah di Desa Helvetia dalam menjalankan kehidupan kebudayaan seni Reog kondisinya saat ini mulai memprihatinkan. Kelompok seniman tersebut memiliki berbagai persoalan dalam mempertahankan dan mengembangkan jenis kesenian yang memiliki nilai-nilai kearifan lokalnya. Perlu dilakukannya pendampingan serta pembimbingan untuk Perbaikan tata nilai pada masyarakat Jawa Deli dalam pertunjukan Seni serta terciptanya produk inovasi pengelolaan instrumen musik iringan Reog (dodok). Penelitian ini akan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yaitu metode riset yang sifatnya memberikan penjelasan dengan menggunakan analisis. Hasil dari penelitian ini yakni masyarakat pelaku kesenian atau seniman Reog di Desa Helvetia Deli Serdang telah dapat menginovasi instrumen musik dodok dalam mengiringi kesenian Reog, masyarakat pelaku kesenian atau seniman Reog telah mampu membuat konsep baru dalam menciptakan komposisi musik iringan Reog, serta masyarakat pelaku kesenian atau seniman reog yang berada di Desa Helvetia Deli Serdang telah mampu membuat konsep baru pertunjukan Reog.

Keywords


Jawa Deli, Instrumen Dodok, Pertunjukan Reog

Full Text:

PDF

References


Muklis, dkk, (2019). Creation And Performance Of Marching Band Based On Ethnic Diversity In North Sumatera, dalam International Journal of Education, Learning and Development, Vol.7, No.2, pp.20-36.

Dantes, Nyoman, (2012). Metode Penelitian, Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Denzin, Norman K. & Yvonna S. Lincoln, (2011). The Sage Qualitative Research, buku 1 edisi ke tiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

________, (2011). The Sage Qualitative Research, buku 2 edisi ke tiga, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prier SJ, Karl Edmund. (2012). Ilmu Harmoni. Yogyakarta : Pusat Musik Liturgis.

Ratna, Nyoman Kutha. (2010). Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suroso, Panji, dkk., (2018). Model Creation of Musical String Instrument Based on Ethnic Diversity in North Sumatera, dalam Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), Volume I, No 4, Page: 124-135.

_________________(2018). Tinjauan Bentuk dan Fungsi Musik pada Seni Pertunjukan Ketoprak Dor. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 2 (2) : 62-74. DOI : https://doi.org/10.24114/gondang.v2i2.11283

________________, (2019). Work in Progress on the Creation of The Three-Stringed Kulcapi, dalam Proceedings semirata: international seminar & annual meeting, field of language, Literature, arts, and culture bks ptn wilayah barat. Untuk artikel hasil penelitian, daftar pustaka dirujuk dari sekitar 40% teks buku dan 60% artikel jurnal ilmiah.




DOI: https://doi.org/10.24114/gondang.v5i2.29799

Article Metrics

Abstract view : 331 times
PDF - 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @jurnalgondang