About The Journal
Important for Author
Manuscript Template
Afifah, I., & Sopiany, H. M. (2017). Sekolah Sebagai Lembaga Pendidikan Perdamaian (Studi pada Sekolah Menengah Kejuruan Gereja Kristen Protestan Simalungun 2 Pematang Siantar). 経済志林, 87(1,2), 149–200.
Anugrah, A. D. D. (2019). Minat Siswa Laki-Laki Kelas X Terhadap Pembelajaran Seni Tari dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 2 Wajo. Program Studi Pendidikan Sendratasik Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni Dan Desai Universitas Negeri Makassar.
Ariana, R. (2016). Upaya Membangun Ekstrakurikuler Seni Tari Punjari dan Garuda Nusantara Pada Kreativitas Siswa Melalui Metode Turo Sebaya Siswa Kelas V. 2008, 1–23.
Atmojo, W. T., Suroso, P., & Rahmah, S. (2022). Pembelajaran Seni Budaya Dengan Menggunakan Media Virtual Reality (Vr) Pada Tingkat Satuan Sma Berbasis Local Wisdom Sumatera Utara. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 6(1), 182. https://doi.org/10.24114/gondang.v6i1.35852
Ayu, I. D., Intan, G., Ayu, G., Suandewi, K., & Gede, K. (n.d.). Tari Telek Nyandar Ati Sebuah Inspirasi dari Tapel Ni Swarni. 42–48.
Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). PENDIDIKAN SENI TARI (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Budi Setyaningrum, N. D. (2018). Budaya Lokal Di Era Global. Ekspresi Seni, 20(2), 102. https://doi.org/10.26887/ekse.v20i2.392
Budiman, A., Nugraheni, T., Sabaria, R., Julia, J., & Purnomo, P. (2022). Raising Independent-Learning Awareness: An Action Research in Dance Practice Course in Indonesia. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(2), 133–142. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.02.13
Budiman, A., Rohayani, H., & Nugraheni, T. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Mobile Aplikasi Edmodo Pada Guru Seni Budaya. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 947–958. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.775
Bungalangan, Y. T., dkk. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 240.
Dwianggini, P., & Fretisari, I. (n.d.). Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan Email : putridwianggini81@gmail.com. 1–10.
Eliyawati, H. C., Pd, M., Guru, P., Anak, P., & Dini, U. (2010). Media pembelajaran anak usia dini.
Irnawati, I., Efendi, Y., & Movitaria, M. A. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 81–88. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i2.144
Irnawilis, I. (2017). Pembelajaran Tari Indang Menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Kepada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 14 Palembang. Jurnal Sitakara, 2(2). https://doi.org/10.31851/sitakara.v2i2.1191
Julia, J., Gunara, S., Supriyadi, T., Agustian, E., Ali, E. Y., & Budiman, A. (2022). Improving Elementary School Teachers’ Competence in Composing Thematic Songs: An Action Research. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(1), 131–141. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.01.12
Karmadi, A. D. (2007). Budaya Lokal Sebagai Warisan Budaya dan Upaya Pelestariannya. Dialog Budaya Daerah Jawa Tengah, 1–6. http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/sites/37/2014/11/Budaya_Lokal.pdf
Kartika, A. (2016). Pembelajaran Seni Tari Dengan Menggunakan Media Audio-Visual Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal. Jurnal Seni Tari, 5(1), 1–10.
Lesmana, R. W. N., & Herdiani, E. (2020). R. Ono Lesmana Kartadikoesoemah Kreator Tari Sunda Gaya Sumedang (1901–1987). Makalangan, 212, 82–103. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/makalangan/article/view/1291
Mariyah, Y. S., Budiman, A., Rohayani, H., & Audina, W. D. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual : Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tari. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 959–967. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.778
Nindiasari, H. (2011). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen untuk Meningkatkan Berpikir Reflektif Matematis Berbasis Pendekatan Metakognitif pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIFA Universitas Negeri Yogyakarta., 251–263. https://eprints.uny.ac.id/7378/
Nofianti, A., Pendidikan, M., & Negeri, U. (n.d.). Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. 120–129.
Nur Sekreningsih, M., & Mia Juliana, S. (2021). Gondang: Jurnal Seni dan Budaya. Jurnal Seni Dan Budaya, 5(1), 40–52.
Prastika, R. R., Masunah, J., & Narawati, T. (2021). Pembelajaran Tari Topeng Mochi Melalui Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Budaya. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 5(1), 21. https://doi.org/10.24114/gondang.v5i1.19414
Rochmi, A. F. (2023). Model Pembelajaran Kolaboratif Ekstrakurikuler Seni Tari Di Smk Nahdlatul Ulama (Nu) Gresik. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 46–60. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/download/45585/39283/
Rosanaya, S. L., & Fitrayati, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2258–2267. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/785
Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705
Siregar, R. L. (2021). Memahami Tentang Model, Strategi, Metode,Pendekatan, Teknik, Dan Taktik. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 63–75.
Stunting, P., & Kampung, D. I. (2022). Universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember fakultas dakwah (Vol. 1).
Sumitri, N. W. (2016). Vera: Sebagai Identitas Dan Dinimikanya Dalam Realitas Sosial Budaya Etnik Rongga Dalam Kekinian. Proceeding The 1st International Conference on …, 1495–1508. http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/1079/
Tarbiyah, I. (2019). DIKTAT.
Wahyuni, S., Handra Kadir, T., & Toruan, J. L. (2017). Penerapan Metode Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Seni Musik Di Sman 4 Muara Bungo. Sendratasik. Universitas Negeri Padang, 2(1), 49–55.
Wahyuning Aisyah, D., Gipayana, M., Tri Djatmika, E., & Artikel Abstrak, I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Bercirikan Quantum Teaching Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Efektif Dan Produktif. Jurnal Pendidikan, 2(5), 667–675. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Winna Sari, S. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tari Dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya Di Smp Negeri 4 Bukittinggi. Universitas Negeri Padang Seri B, 2(1), 22–29.
Yıldırım, S. (2018). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X YAYASAN SMA YAPIP MAKASSAR SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA. 21, 1–9.
Yuniastuti, N. W., Trisdyani, N. L. P., & Suadnyana, I. B. P. E. (2020). Pertunjukan Topeng Bondres sebagai Media Pendidikan Agama Hindu. Maha Widya Duta, 4(1), 23–34.
Zulkifli, Z. (2018). Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(1), 18–37. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1170
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.