Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Solving: Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Seni Tari

Ace Iwan Suryawan, Devita Juniawan, Heni Komalasari, Agus Budiman

Abstract


Tujuan pada penulisan artikel ini untuk memaparkan model pembelajaran problem solving melalui daring terhadap kecerdasan intrapersonal siswa menengah. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan one grup prestest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan test performasi. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa model problem solving pada pembelajaran daring di kelas VII E SMPN 2 Cimahi berpengaruh terhadap kecerdasan intrapersonal siswa, hal ini dapat dilihat dari nilai angket pretest dan postest yang terdapat nilai kenaikan yang signifikan melalui uji paired sampel t-test yang menunjukan nilai sig (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05 artinya “Ha diterima dan Ho ditolak”, maka dapat disimpulkan baha melalui model problem solving pada pembelajaran tari secara daring dapat meningkatkan kecerdasan intrapersonal siswa. Penelitian diharapkan dapat berimplikasi  sebagai sumber referensi model pembelajaran problem solving secara daring untuk meningkatkan kecerdasan intrapersonal.


Keywords


Model problem solving, kecerdasan intrapersonal, pembelajaran daring, Pembelajaran Tari.

Full Text:

PDF

References


Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online Learning amid the COVID-19 Pandemic: Students’ Perspectives. Online Submission, 2(1), 45–51.

Andriyanah, I. F. (2021). Penerapan model pembelajaran problem solving pada muatan lokal seni tari siswa kelas V SDN Tlogosari 03 Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang. SKRIPSI Mahasiswa UM.

Bambang, P., & Jannah, L. M. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Grafindo.

Budiman, Agus, Karyati, D. (2021). Membentuk Karakter Kreatif : Bergerak Melalui Stimulus Permainan Tradisional. 11(2), 1–11.

Chotimah, C., & Fathurrohman, M. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. AR-RUZZ MEDIA.

Enterprise, J. (2018). Lancar Menggunakan SPSS untuk pemula. Elex Media Komputindo.

Fitryani, M. L. (2014). Pembelajaran Seni Tari Berbasis Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal SISWA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Giatman, M., Siswati, S., & Basri, I. Y. (2020). Online learning quality control in the pandemic Covid-19 era in Indonesia. Journal of Nonformal Education, 6(2), 168–175.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Jasmine, J. (2007). Profesional’s Guide: Teaching with Multiple Intelligence, terj. Purwanto, Mengajar Dengan Metode Kecerdasan Majemuk: Implementasi Kecerdasan Majemuk. Cet. I.

Jena, P. K. (2020). Impact of Pandemic COVID-19 on Education in India. International Journal of Current Research (IJCR), July. https://doi.org/10.31235/osf.io/2kasu

Jumantri, M. C., & Nugraheni, T. (2020). Pengkajian Gaya Busana Tari Jaipongan Karya Sang Maestro. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 4(1), 9-15.

Karabulut, A., & Kesli Dollar, Y. (2016). The effects of presenting different types of vocabulary clusters on very young learners’ foreign language learning. Education 3-13, 44(3), 255–268. https://doi.org/10.1080/03004279.2014.904391

Kristanti, N. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Kompotensi Dasar Pola Perilaku Konsumen Dan Produsen Dalam Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 2 SRAGEN. Universitas Negeri Semarang.

Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah:(KTI). Deepublish.

Kusumaningrum, F. (2019). Interpersonal intelligence and prosocial behavior among elementary school students. Management Science Letters, 9(10), 1645–1654.

Liu, J.-Y., Chen, T.-J., & Hwang, S.-J. (2020). Analysis of imported cases of COVID-19 in Taiwan: a nationwide study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(9), 3311.

Manalu, N. A., Sucipto, F. D., Ocktarizka, T., & Sembiring, S. B. (2020). Pengembangan Karakter Warga Binaan melalui Tari Rapa’i Geleng di Lembaga Pemasyarakatan Kota Jantho Aceh Besar. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 4(1), 60. https://doi.org/10.24114/gondang.v4i1.15437

Munir, D., & IT, M. (2009). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Muniroh, S. M. (2013). Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian, 6(1).

Nasrum, A. (2018). Uji normalitas data untuk penelitian. Jayapangus Press Books, i–117.

Pangestika, F. Y., & Yanuartuti, S. (2020). Pembelajaran Mandiri Seni Tari Melalui Konten Youtube sebagai Inovasi Pembelajaran Masa Kini. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 4(2), 144-151.

Pinahayu, E. A. R. (2017). Problematika penerapan model pembelajaran problem solving pada pelajaran matematika SMP di Brebes. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 77–85.

Purnomo, E., & Nugraheni, T. (2019). Pengembangan Modul Tari Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Tari. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 3(2), 119-127.

Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology, 3(1), 7–11.

Rosala, D., & Budiman, A. (2020). Local Wisdom-based Dance Learning : Teaching Characters to Children through Movements. 7(3), 304–326. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i3.28185

Salsabilla, S., & Zafi, A. A. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 35–42.

Sari, M. W. R., Karyati, D., & Budiman, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa. Ringkang: Kajian Seni Tari Dan Pendidikan Seni Tari, 1(2), 68–77.

Sekarningsih, F., Budiman, A., & Gustiaji, G. R. (2021). Wix Web-Based Dance Learning Media to Support Teaching in The Pandemic Era in High School. 21(1), 178–191.

Slavin Robert, E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Indeks.

Stein, S. J., & Book, H. E. (2011). The EQ edge: Emotional intelligence and your success. John Wiley & Sons.

Strobel, M., Tumasjan, A., Spörrle, M., & Welpe, I. M. (2017). Fostering employees’ proactive strategic engagement: Individual and contextual antecedents. Human Resource Management Journal, 27(1), 113–132. https://doi.org/10.1111/1748-8583.12134

Studente, S., Seppala, N., & Sadowska, N. (2016). Facilitating creative thinking in the classroom: Investigating the effects of plants and the colour green on visual and verbal creativity. Thinking Skills and Creativity, 19, 1–8. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2015.09.001

TARI, V. Y. (2020). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Dimensi Pemahaman Sosial Dan Komunikasi Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik Di Mts Assyafiiyah Gondang Tulungagung.

Yakut, A. D., & Aydın, S. (2017). An experimental study on the effects of the use of blogs on EFL reading comprehension. Innovation in Language Learning and Teaching, 11(1), 1–16. https://doi.org/10.1080/17501229.2015.1006634

Zulfia, B. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA N 2 Kota Jambi. Bayu Zulfia Jurnal.




DOI: https://doi.org/10.24114/gondang.v6i1.28690

Article Metrics

Abstract view : 437 times
PDF - 242 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 Creative Commons License
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.