About The Journal
Important for Author
Manuscript Template
Penelitian ini membahas tentang penggunaan aplikasi video editing pada perkuliahan praktik pembelajaran instrumen perkusi lanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi video dengan menggunakan aplikasi video editing dalam pembuatan tugas pembelajaran mata kuliah praktik instrumen perkusi lanjutan sebagai media pembelajaran di Prodi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan dan untuk mengetahui fungsi aplikasi video editing dalam pembuatan tugas pembelajaran mata kuliah praktik instrumen perkusi lanjutan di Prodi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu proses produksi video dengan menggunakan aplikasi video editing dalam pembuatan tugas pembelajaran mata kuliah Praktik Instrumen Perkusi Lanjutan di Prodi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan yakni dengan menggunakan aplikasi android Kine Master yang meliputi unsur gambar dan unsur suara yang melalui tahapan menentukan materi perkusi, latihan secara individu, perekaman dengan kamera ponsel, pengeditan video dengan aplikasi yang dapat menjadikan video tersebut kedalam satu frame video. Pemilihan aplikasi Kine Master sebagai tempat pengeditan video berdasarkan fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi tersebut diantaranya: 1) dukungan media, 2) Audio, 3) Text, 4) Tema, dan 5) Tool Editing. Fungsi aplikasi Video Editing Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembuatan Tugas Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Instrumen Perkusi Lanjutan di Prodi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan memiliki fungsi atensi untuk memperkuat kedalaman materi melalui konten sebagai media visual serta fungsi kognitif untuk memahami dan mengingat materi perkusi yang disajikan.
Pribadi, Benny. (2009). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
AH Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaban Dipantara.
Ahmad, Zainal Arifin, (2012). Perencanaan Pembelajaran, dari Desain sampai Implementasi. Yogyakarta : PT. Pustaka Insan Madani.
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Heinich,Molenda & Russel, (1996). Instructional Media and Technologies for Learning, New Jersey Palo Alto: Houghton Mifflin Company Boston.
Hamdani, (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta : Balitbang dan Puskur.
Magara, Ardi, (2013). Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta “Efektivitas Penggunaan Media Sibelius 7 Terhadap Tingkat Pemahaman Notasi Musik Dan Akor Di SMP Negeri 1 Mungkid”.
Marcyzk, Geoffrey R, (2005). Essentials of Research Design and Methodology. New Jersey: John Wiley and Sons, Inc.
Moleong, j, Lexy. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
Nazir, Moh. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Nursalam dan Ferry Efendi, (2008). Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Rusman, (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Rusman., Deni Kurniawan., Cepi Riyana. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono, (2008). Metode penelitian bisnis. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatifdan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sukardi, (2015). Metodologgi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (cet. 15). Bandung : Alfa Beta.
Suroso, P. (2018). Tinjauan Bentuk dan Fungsi Musik pada Seni Pertunjukan Ketoprak Dor, Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 2 (2): 66-78. DOI: https://doi.org/10.24114/gondang.v2i2.11283
Siregar, Syofian, (2012). Statistika Deskriptif untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS versi 17.
Jakarta: Rajawali Press.
Wardhana, Yana, (2010). Teori Belajar dan Mengajar. Bandung: Pribumi Mekar
Zamroni. (1992). Pengantar Pengembangan Teori Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.