Model Pembelajaran Komputer Musik Dasar Berbasis Konstruktivistik Di Program Studi Pendidikan Musik

Danny Ivanno Ritonga, Julaga Situmorang, Harun Sitompul

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran komputer musik dasar berbasis konstruktivistik (IDPER) dan perangkat pendukungnya, serta mengetahui kelayakan dan keefektifan model pembelajaran IDPER yang dikembangkan dalam rangka meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran komputer musik dasar (KMD). Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan model pembelajaran IDPER mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi dari model Dick & Carey yang terdiri atas 2 (dua) tahap, yaitu tahap pra-pengembangan dan tahap pengembangan. Lokasi uji coba penelitian pengembangan model pembelajaran IDPER dilaksanakan di lingkungan Program Studi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan. Penelitian ini telah menghasilkan kelayakan model pembelajaran IDPER dan perangkat pendukungnya yang diimplementasikan pada pembelajaran komputer musik dasar (KMD). Hasil uji-t (sig.2-tailed < 0,05) menunjukan perbedaan hasil belajar mahasiswa yang signifikan sebelum dan setelah dilakukan implementasi model pembelajaran IDPER yang dikembangkan pada proses pembelajaran komputer musik dasar (KMD). Hasil uji keefektifan dengan menggunakan uji N-Gain Ternomalisasi baik pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar (uji coba lapangan) menunjukan keefektifan implementasi model pembelajaran IDPER yang dikembangkan dalam rangka meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran komputer musik dasar (KMD).


Keywords


Model Pembelajaran, Pengembangan, Konstruktivis, Komputer Musik Dasar (KMD), Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Atmojo, W. T., Suroso, P., & Rahmah, S. (2022). PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL REALITY (VR) PADA TINGKAT SATUAN SMA BERBASIS LOCAL WISDOM SUMATERA UTARA. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 6(1), 182-187.

Bahaudin, Imam. (2017). Pembelajaran Notasi Balok Melalui Software Sibelius. (Seminar Nasional Seni dan Desain: Membangun Tradisi Inovasi Melalui Riset Berbasis Praktik Seni dan Desain). Surabaya: FBS Unesa.

Borg, Walter R. & Gall, Meredith D. & Gall, Joyce P. (1983). Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. New York: Longman.

Borg, Walter R. & Gall, Meredith D. & Gall, Joyce P. (2003). Educational Research: An Introduction. Seventh Edition. Boston: Allyn & Bacon.

Borg, Walter R. & Gall, Meredith D. & Gall, Joyce P. (2007). Educational Research: An Introduction. Eight Edition. Sydney: Pearson Education, Inc.

Churcher, Kalen M. A. & Downs, Edward & Tewksbury, Doug. (2014). “Friending” Vygotsky: A social constructivist pedagogy of knowledge building through classroom social media use. The Journal of Effective Teaching, Vol. 14, No. 1, p. 33-50.

Daru, April Firman. (2013). Rekayasa Sistem Komputer Sebagai Alat Bantu Ajar Berdasarkan Teori Konstruktivistik (Computer System Engineering as Teaching Aid Based on Constructivistics Theory). Jurnal Transformatika, Vol. 10 No. 2.

Fitriyani, Annisa. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme Menggunakan Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Cahaya. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah.

Hanif, M., Hartono, Y., & Wibowo, A. M. (2019). Pengembangan Model Internalisasi Nilai Kesenian Dongkrek Guna Meningkatkan Ketahanan Budaya Siswa SMA Kabupaten Madiun. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 3(2), 134-143.

Heinich & Molenda & Russel. (1996). Instructional Media and New Technologies of Instruction. New Jersey: Englewood Cliffs, Prentice-Hall.

Joyce, Bruce & Weil, Marsha & Shower, B. 1992. Models of Teaching (Four Edition). Massachusetts: Allyn and Bacon.

Kusnohadi. (2016). Blended Learning And Students’ Learning Independently As Basic To Be Success In Learning. Jurnal TEKPEN, Vol. 1 No. 3.

Munir. (2010). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nart, Sevan. (2016). Music Software in the Technology Integrated Music Education. Turkey: The Turkish Online Journal of Educational Technology (TOJET), April 2016, volume 15 issue 2 - Bartın University, Faculty of Education, Department of Fine Arts.

Nieveen, Nienke. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; dan van den Akker, J. (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.

Rasmini, Ni Wayan. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Musik melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dengan Metode Drill. Journal of Education Action Research, Vol. 4 No. 3, pp. 300-306,

Ritonga, D. I., Satria, T. D., & Mulya, A. (2021). Implementation of Open Broadcaster Software Studio in Music Performance Management Through Live Streaming. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 5(2), 204-212.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano - Jurusan Matematika FMIPA UNNES, Vol. 3 No. 1.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers (Raja Grafindo Persada).

Satria, T. D., Suroso, P., & Sembiring, A. S. (2020). PENGEMASAN BAHAN AJAR KOMPUTER MUSIK DASAR BERBASIS E-LEARNING DI PRODI PENDIDIKAN MUSIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Grenek: Jurnal Seni Musik, 9(1), 38-51..

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, Paul. (2012). Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Supriyadi. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Berpendekatan Konstruktivisme.

Suroso, P., Hasbullah, M., Widiastuti, U., Hirza, H., Silitonga, P. H., & Amal, B. K. (2018). Model Creation of Musical String Instrument Based on Ethnic Diversity in North Sumatera. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 1(4), 124-135.

Suroso, P., Ritonga, D. I., Wiflihani, W., Mukhlis, M., & Satria, T. D. (2020). The Repertoire of Traditional Malay Ensemble as a Source of Violin Practice Learning Material. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(4), 1750-1758.

Sutikno, Putri Yanuarita. (2020). Era Digital? “Pendidikan Seni Musik Berbasis Budaya” Sebagai Sebuah Inovasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Semarang: Kreatif Jurnal Pendidikan Dasar - Unnes, Vol. 11, No. 1.

Tampubolon, Ryan Victor Christian. (2015). Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Dalam Perkuliahan Aplikasi Rekaman Melalui Project Based Learning (Action Research Di Sekolah Tinggi Musik Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu.

Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Winaryati, Eny. (2017). Model Pembelajaran "Wisata Lokal" (Implementasi Pembelajaran Abad 21). Universitas Muhammadiyah Semarang.

Yamin, Martinis. (2008). Paradigma Pendidikan Konstruktivisme. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.




DOI: https://doi.org/10.24114/gondang.v6i1.36478

Article Metrics

Abstract view : 330 times
PDF - 183 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


 Creative Commons License
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.