PANDUAN KOMPOSISI DASAR TARI KREASI BERBASIS FLIP HTML5 TERINTEGRASI PLATFORM VIDEO ONLINE PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA

Irwansyah Irwansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memproduksi e-book berupa Panduan Komposisi Dasar Tari Kreasi berbasis Flip HTML5 terintegrasi platform video online yang valid dan praktis pada pembelajaran seni budaya di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (development of research) dengan model Rowntree yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu perencanaan,pengembangan,dan tahap evaluasi.Untuk tahap evaluasi penelitian ini mengadopsi model evaluasi Tessmer yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (1) expert review; (2) one to one; (3) small group evaluation; dan (4) field trial. Pengumpulan data menggunakan lembar review ahli dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa uji kelayakan produk rata-rata memperoleh nilai 86,92%  dan hasil uji coba kepraktisan produk memperoleh nilai 87,75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-book berupa Panduan Komposisi Dasar Tari Kreasi berbasis Flip HTML5 terintegrasi platform video online sangat layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran Seni Budaya di SMA.


Keywords


Komposisi dasar tari, Flip HTML5, Platform video online.

Full Text:

PDF

References


Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1983). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Hubackova, S., Semradova, I., Evaluation of Blended Learning, Procedia – Social and Behavioral Sciences, 2016, 217, 551–557.

Murgiyanto, Sal. (1983). Seni Menata Tari. Jakarta: Dewan Kesenian

Ramdania,

Diena Randa. (2013). “Penggunaan Media Flash Flip Book Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Artikel Ilmiah Tugas Akhir. Bandung. UPI.

Had, Y. Sumandiyo. (1996). Aspek-aspek dasar koreografi kelompok. Bandung : STSI Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24114/gondang.v5i2.30603

Article Metrics

Abstract view : 320 times
PDF - 214 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @jurnalgondang