About The Journal
Important for Author
Author Fee
Manuscript Template
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model instrumen gitar elektrik kedalam bentuk prototipe yang lebih inovatif yaitu model gitar elektrik ukir bakar. Penelitian penciptaan inovasi gitar elektrik ukir bakar ini berbasis pada pengembangan organologi dan motif ukir tradisi Sumatera Utara, dilakukan dengan cara mengeksplorasi secara mendalam unsur-unsur organologi instrumen gitar elektrik yang akan di kolaborasikan dengan unsur motif-motif ukir tradisional Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and Depelopment atau penelitian pengembangan. Perolehan data-data penelitian yang dikumpulkan berasal dari dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Data-data primer diperoleh melalui teknik wawancara mendalam (depth interview) dan pengamatan berperanserta (participant observation) yang bertujuan untuk pengumpulan data yang diikuti diskusi kelompok terfokus (focus group discussion). Hasil analisis yang ditemukan dalam penelitian ini adalah: 1) Dalam proses penciptaan model desain Gitar elektrik ukir bakar berbasis motif ukir tradisi Sumatera Utara di lakukan dengan beberapa tahap seperti : tahap persiapan penciptaan Gitar elektrik ukir bakar berbasis motif ukir tradisi Sumatera Utara, tahap pengumpulan data primer dan data skunder, tahap analisis dan perumusan konsep prototype penciptaan gitar elektrik ukir bakar berbasis motif tradisi Sumatera Utara, tahap uji coba dan penyempurnaan rumusan konsep prototype penciptaan Gitar elektrik ukir bakar berbasis motif ukir tradisi Sumatera Utara. tahap finising. 2) Dalam penelitian ini diciptakan desain model Gitar elektrik ukir bakar berbasis motif ukir tradisi Sumatera Utara dengan dua corak yaitu corak gorga dalian natolu dan corak Tapak Sulaiman.
Dian Octavia K, (2014). Struktur Organologi Hasapi dalam Gondang Hasapi Pada grup Musik Etnis Pardomuanta di Surabaya, APRON Jurnal Pemikiran Seni Pertunjukan Vol 1. No. 5,http://jurnalmahasiswa.Unesa.ac.id/index.Php/apron/article/view/8947/11962
Hornbostel, Erich M. Von and Curt Sach, (1961). Clasification of Musical Instrument. Translate from original German by Anthony Baines and Klausss P.Wachsmann.
I Made Winarta, Dr.Drs. dkk, (2016). PROSES PEMBUATAN GITAR UKIR I WAYAN TUGES DI DESA GUWANG, KECAMATAN SUKAWATI, KABUPATEN TINGKAT II GIANYAR, Jurnal Pendidikan Seni Rupa Universitas Pedidikan Ganesha, Vol.5, No 2,https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/8052
Merriam, Allan P, 1964.The Antropology of Music. North Western : UniversityPress
Sihotang Batoan L, (2015). Kajian Organologi Kucapi PakPak Buatan Bapak Kami Capah di Kecamatan Kaerajaan Kabupaten PakPak Bharat. Skripsi Sarjana Departemen Etnomusikologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara
SimaremareGidon, (2015). Kajian OrganologiHasapi Batak Toba buatan Guntur Sitohang di Desa Turpuk Limbong Kecamatan Harian Boho Samosir, Skripsi Sarjana DepartemenEtnomusikologiFakultasIlmuBudayaUniversitas Sumatera Utara.
Sitepu Beri Pana, (2013). Kajian Organologi Kulcapi Pada Masyarakat Karo Buatan Bapak Pauji Ginting Skripsi Sarjana Departemen Etnomusikologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.
Sunarto, B. (2013). Epistemologi Penciptaan Seni, Idea Press Jogjakarta.
Suroso Panji (2018). Model Creation of Musical String Instrument Based on Ethnic Diversity in North Sumatera. BIRCI Journal vol 1, no 4,hal 124 – 135
Suroso Panji (2019) Work in progress on the Creation of the three-sringed kulcapi. Vol 1, no 2, november 2019 hal 263-271
Tobing Jackry Octora, 2014. Kajian Organologis Alat Musik Gambus Buatan Bapak Syahrial Felani, Skripsi Sarjana Departemen Etnomusikologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.