Hubungan Kecukupan Zat Gizi Makro dengan Status Gizi Anak SMP yang Tinggal di Panti Asuhan

Vinesya Shintauly Siahaan, Rasita Purba, Esi Emilia, Erli Mutiara, Juliarti Juliarti

Abstract


Untuk mencapai tumbuh kembang yang ideal, seorang anak SMP atau remaja membutuhkan zat gizi yang cukup sesuai dengan usia dan jenis kelaminnya, sehingga tidak ada kejadian malnutrisi. Layaknya anak SMP pada umumnya, anak SMP yang tinggal di panti asuhan juga membutuhkan zat gizi yang sama layaknya remaja pada umumnya meski tidak tinggal bersama dengan orang tuanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecukupan zat gizi makro dengan status gizi anak SMP yang tinggal di panti asuhan. Lokasi penelitian di Panti Asuhan Sendoro dan Panti Asuhan Anugrah Kasih Abadi. Waktu penelitian Mei – Juni 2022. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian cross sectional study. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling sehingga jumlah sampel adalah 48 orang. Teknik pengumpulan data kecukupan zat gizi makro diambil dari persen rata-rata konsumsi zat gizi makro yang diperoleh dari food recall 3x24 jam dan data status gizi diambil dengan menggunakan hasil pengukuran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji univariate dan uji bivariate dengan metode Uji Korelasi Rank Spearman. Hasil uji bivariate menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kecukupan zat gizi makro dengan status gizi anak SMP yang tinggal di panti asuhan yang ditunjukkan dengan p value = 0.002. Penting bagi lembaga sosial untuk memperhatikan dan mempertahankan status gizi warga binaannya agar warga binaan tetap sehat.

 

Kata kunci: kecukupan zat gizi makro, remaja, status gizi


References


Apriyanto, M. (2022). Pengetahuan Dasar Bahan Pangan. Banten: CV AA Risky.

Barus, M. I., & Rahma, A. (2022). Penerapan Pola Asuh Anak Pada Panti Asuhan Siti Aisyah Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 935–953.

Fikawati, S., Syafiq, A., & Veratamala, A. (2020). Gizi Anak dan Remaja. Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Hardinsyah, M., & Supariasa, I. D. N. (2016). Ilmu Gizi Teori dan Aplikasi. Jakarta: EGC

Litaay, C., Paotiana, M., Elisanti, E., Fitriyani, D., Agus, P. P., Permadhi, I., Indira, A., Puspasari, G., Hidayat, M., Priyanti, E., & others. (2021). Kebutuhan Gizi Seimbang. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Maghfiroh, A., & others. (2018). Status Gizi, Tingkat Aktivitas Fisik, Tingkat Kecukupan Energi dan Protein Pada Remaja di Panti Asuhan Baitul Falah. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang.

Mandarana, M., Hafid, F., Pangestika, W., Kusuma, T. U., Sulistiani, R. P., Puspitasari, D. A., Widyastuti, R. A., Kusumawati, D. E., Sada, M., & others. (2022). Ilmu Gizi Dasar. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Mayasari, A.T., Febriyanti, H., Primadevi, I. (2021). Kesehatan Reproduksi Wanita Di Sepanjang Daur Kehidupan. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Nardina, E. A., Astuti, E. D., Hutomo, C. S., Winarsih, W., Prihartini, S. D., Azizah, N., Sumiyati, S., Mahmud, A., Sari, C. R., Simanjuntak, R. R., & others. (2021). Gizi Reproduksi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Tabi’in, A. (2020). Pola Asuh Demokratis sebagai Upaya Menumbuhkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Dewi Aminah. Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 30–43.

Permatasari, E., & Ahmad Farudin, S. K. M. (2018). Hubungan Antara Kecukupan Energi dan Protein dengan Status Gizi pada Anak di Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah Surakarta. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Pritasari, P., Didit, D., & Nugraheni, T. L. (2017). Gizi dalam daur kehidupan. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Purnamasari, A., Laeto, A.B., Khalid, N.F., Rivai, A.T.O., Muzafri, Al., Kaswi, N., Haryanto, Dewi, R., Ariza, D., Tenriola, A., Musni, Misnarliah, dan Syarifuddin. (2022). Fisiologi Manusia dan Zat Gizi. Makassar: Cendekia Publisher.

Sukmana, O., & Astutik, J. (2022). PENDAMPINGAN PENINGKATAN PENGELOLAAN DAN BRANDING PANTI ASUHAN. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 33–44.

Tanjung, E. E. (2017). Gambaran Perencanaan Menu Makanan dan Pola Konsumsi Makanan yang Disajikan serta Status Gizi Anak di Panti Asuhan Aceh Sepakat Yayasan Darul Aitam Kelurahan Sukaramai Kecamatan Medan Area Tahun 2017. Skripsi:Universitas Sumateran Utara, Medan.




DOI: https://doi.org/10.24114/jnc.v3i1.42724

Article Metrics

Abstract view : 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.