Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian dan praktik, memberikan informasi, ide, pendapat, serta analisis krisis terhadap kemajuan dalam penelitian pengajaran bidang biologi melalui cakupan pengembangan kebijakan dan kurikulum, penelitian terbaru dalam pengajaran, pembelajaran, dan penilaian di bidang pendidikan biologi.

Penekanan khusus diberikan kepada penelitian yang relevan dengan praktik dibidang pendidikan biologi, dipadu dengan relaitas pendidikan dalam suatu sistem pendidikan, sekolah, perguruan tinggi, dan universitas.

Jurnal ini meliputi artikel penelitian asli termasuk:

1. Pendidikan Biologi
2. Pengembangan Kebijakan Pendidikan biologi
3. Kurikulum dalam Pendidikan Biologi
4. Pengajaran dan Pembelajaran Pendidikan Biologi
5. Penilaian Pendidikan Biologi
6. Pengembangan Bahan Ajar Biologi

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

Jurnal ini adalah jurnal akses terbuka yang berarti bahwa semua konten tersedia secara gratis tanpa biaya kepada pengguna atau institusi. Pengguna diizinkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke artikel teks lengkap di jurnal ini tanpa meminta izin sebelumnya dari penerbit atau penulis.

 

Publication Frequency

Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik nasional yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini diterbitkan tiga kali dalam setahun dibulan April, Agustus, dan Desember.

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.