Improving the Cognitive Ability of Senior High School Students on the Subject of Biological Technology Innovation through Problem Solving LKPD based on Lesson Study
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinia, R., Suratno, S., & Iqbal, M. (2022). Efektivitas pembelajaran aktif berbantuan lkpd problem solving terhadap keterampilan pemecahan masalah dan penguasaan konsep biologi siswa di sekolah kawasan perkebunan kopi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 64-75.
Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPA materi gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10 (1), 68-76.
Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2), 5000-5015.
Danial, M., Rano, F. Y., & Herawati, N. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Berbasis Masalah pada Materi Larutan Asam dan Basa. Chemistry Education Review, Pendidikan Kimia PPs UNM, 5(2), 129-139.
Devi, N. L. P. L., Juniartina, P. P., &Pujani, M. (2020). Lesson Study dalam Upaya Peningkatan Keaktifan Mahasiswa dalam Proses Perkuliahan Biologi Dasar II Prodi S1 Pendidikan IPA. Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 14 (2), 99-104.
Elfina, S., & Sylvia, I. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis problem based learning (pbl) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sosiologi di sma negeri 1 payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2 (1), 27-34.
Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi model STAD dalam meningkatkan hasil belajar siwa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16-23.
Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education. Research Association's Devision.D, Measurement and Reasearch Methodolog.
Hasan, M., Malinda, L., Mukhlisah, I., Harahap, T. K., Hariati, E., & Widyasari, T. (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Tahta Media.
Istni, T., Utomo, D. H., & Utaya, S. (2022). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran Geografi siswa kelas XI IPS MA Bilingual Batu. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 194 - 203.
Jannah, R. (2021). Efektivitas Pembelajaran Problem Solving Berbantuan LKPD terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4(1), 55-65.
Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin. University Press.
Komarudin, A., Qohar, M. A., & Al Ayubi, S. (2023). Lesson Study Kaitannya dengan Peningkatan Kompetensi dalam Pembelajaran. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8 (2), 156-167.
Mafruroh, T., Sulistyarsi, A., & Dewi, N. K. (2020, December). Penyusunan Modul Pembelajaran Genetika Siswa SMA Kelas XII Berbasis Fenomena Lokal Di Desa Karangpatihan Kabupaten Ponorogo. In Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS (Vol. 5).
Marsa, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone Doctoral Dissertation. Universitas Negeri Makassar.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3 (2), 167-175.
Napsiyah, N., Nurmaningsih, N., & Haryadi, R. (2022). Analisis kemampuan numerasi matematis siswa berdasarkan level kognitif pada materi kubus dan balok. Jago MIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2 (2), 103-117.
Novita, K., Bare, Y., & Mansur, S. (2022). Pengembangan LKPD Materi Keanekaragaman Hayati Berbasis Model Problem Based Learning Kelas X SMA. Jurnal Biogenerasi, 7(2), 190-200.
Novitasari, F., & Puspitawati, R. P. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Solving pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3 (1), 31- 42.
Parapat, E. J., Ulfa, S. W., &JayantI, U. N. A. D. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Pelajaran Biologi Materi Sistem Pernapasan Di Madrasah Aliyah. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 14 (1), 31-38.
Prayitno, T. A., & Hidayati, N. (2016). Penerapan Lesson Study pada Kegiatan Praktikum Mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang. Bioedukasi, 9 (1), 51-56.
Rohmani, A., & Kuntjoro, S. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Solving Pada Submateri Pencemaran Lingkungan Kelas X Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12 (1), 260-271.
Salasiah, S., Haryono, A., &Supriyati, W. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kolaborasi Guru Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Binomial, 6(1), 58-71.
Saleh, S. S., Nasution, A. F., Aisyah, D., &Fitriah, D. L. (2023). LKPD Berbasis Kreativitas. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 4157-4161.
Sari, D. R., & Hidayat, T. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Lesson Study Pada Pembelajaran IPA Di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 2(1), 49-56.
Sari, W. R., Putri, A. N., & Murhartati, E. (2022). Pengembangan E-LKPD Biologi Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi STEM Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 9(1), 13-21.
Shafira, I. H., &Suratsih, S. (2023). Penggunaan E-LKPD Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI Di SMA Negeri 1 Pangkalpinang. Jurnal Edukasi Biologi, 9 (1), 1-14.
Sihafudin, A., & Trimulyono, G. (2020). Validitas dan Keefektifan LKPD Pembuatan Virgin Coconut Oil Secara Enzimatis Berbasis PBL Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Bioteknologi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9 (1), 73-79.
Siregar, T. B., Putri, A. N., & Hindrasti, N. E. K. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 130-139.
Sukimarwati, J. (2013). Pembelajaran Biologi dengan Guided Inquiry Model Menggunakan LKS Terbimbing dan LKS Bebas Termodifikasi Ditinjau dari Kreativitas dan Motivasi Berprestasi Siswa Doctoral Dissertation. Sebelas Maret University.
Yuhanna, W. L. (2021). Analisis kebutuhan belajar mahasiswa pada perkuliahan zoologi vertebrata di masa pandemi Covid19. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9 (1), 129-137.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v12i1.46907
Article Metrics
Abstract view : 118 timesPDF - 72 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jurnal Pendidikan Biologi: Journal of Biology Education by Department of Biology Education, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Medan. Dikelola oleh Jurnal Universitas Negeri Medan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2086-2245 | e-ISSN (Online) 2502-3810