Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6548Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar (tinggi dan rendah) , kemampuan berpikir kritis (tinggi dan rendah) mahasiswa antara yang menggunakan model pembelajaran problem solving dan pembelajaran langsung berbantuan media camtasia dengan video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi penelitian adalah mahasiswa semester VI Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan Tahun Pelajaran 20 sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling yaitu 1) Kelas yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran langsung, 2) Kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaranan Problem Solving. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 15 soal, tes hasil belajar sebanyak 25 soal dalam bentuk pilihan berganda yang telah di uji validitas, reliabilitas, daya beda. Teknik analisis menggunakan uji-T. Dari hasil analisis data dan pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa : 1) Hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan perlakuan metode langsung dan video pembelajaran secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar perlakuan yang lain. 2) Kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan perlakuan metode langsung dan video pembelajaran secara signifikan lebih tinggi dbandingkan dengan hasil belajar perlakuan yang lain. Media pembelajaran sebagai pengantar pesan yang terbaik adalah video pembelajaran karena dapat media ini temasuk pada media audio visual yang dapat merangsang pendengaran dan penglihatan dan mahasiswa lebih efektif dalam memahami langkah “ langkah pembuatan media tumbuh secara langsung. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan video pembelajaran dalam proses pembelajaran langsung maupun problem solving dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar dan menumbuh kembangkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga mahasiswa dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal.Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Penyerahan naskah menyiratkan bahwa karya yang diserahkan belum pernah diterbitkan sebelumnya (kecuali sebagai bagian dari tesis, laporan, atau abstrak). Naskah tidak dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain. Penerbitannya telah disetujui oleh semua penulis bersama. Jika dan kapan naskah diterima untuk publikasi, penulis masih memegang hak cipta dan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Penulis atau orang lain diperbolehkan untuk melipatgandakan artikel selama tidak untuk tujuan komersial. Untuk penemuan baru, penulis disarankan untuk mengelola patennya sebelum diterbitkan.
Open Access
Jurnal ini berkomitmen untuk membuka akses bebas yang tidak membebankan biaya kepada pembacanya atau lembaga mereka. Pembaca berhak membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikel, selama tidak untuk tujuan komersial. Jenis lisensi adalah CC-BY-4.0.
Disclaimer
Tidak ada tanggung jawab yang dikenakan kepada Penerbit atau oleh editor untuk kesalahan dan/atau kerusakan pada naskah sebagai akibat dari pernyataan pencemaran nama baik atau dugaan pencemaran nama baik, pelanggaran hak kekayaan intelektual atau privasi, atau kewajiban produk, baik akibat kelalaian atau sebaliknya, atau dari penggunaan atau operasi ide, instruksi, prosedur, produk atau metode apa pun yang terkandung dalam materi di dalamnya.