Efektivitas Metode Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa SMP Swasta R.K Santo Petrus Medan
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode kontekstual terhadap motivasi belajar bahasa Inggris pada siswa SMP swasta R.K Santo Petrus Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SMP Swasta R.K Santo Petrus Medan. Hipotesis yang diajukan adalah Adanya perbedaan motivasi belajar bahasa Inggris siswa yang menempuh proses belajar mengajar dengan model pembelajaran kontekstual dan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan asumsi Semakin tinggi skor pada skala motivasi belajar maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin rendah skor pada skala motivasi belajar maka semakin rendah pula motivasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan satu skala yakni skala motivasi belajar yang terdiri dari dua belas ciri-ciri yaitu: tekun dalam melaksanakan tugas, ulet menghadapi kesulitan, menunjukkan minat pada bermacam masalah, senang bekerja mandiri, tidak mudah bosan pada tugas rutinitas, dapat mempertahankan pendapatnya, tidak mudah melepas hal yang diyakininya, senang mencari dan memecahkan masalah, memiliki rasa selalu ingin tahu, kreatif, ingin mendapat simpati, dan ingin memperbaiki kegagalan. Jumlah populasi yang ada sebanyak 134 orang, dan seluruhnya dijadikan sebagai sampel di dalam penelitian ini. Dalam upaya membuktikan hipotesis maka digunakan teknik analisis t – test untuk menganalisis bagaimana perbedaan motivasi belajar bahasa Inggris ditinjau dari metode kontekstual. Dan hasilnya diketahui bahwa (1) Terdapat perbedaan motivasi belajar bahasa Inggris yang sangat signifikan ditinjau dari metodekontekstual pada siswa SMP swasta R.K Santo Petrus Medan. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien perbedaan t – test = -5,957 ; p = 0,00.Dengan demikian maka hipotesis yang telah diajukan dalam penelitian ini, dinyatakan diterima. (2) Hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode kontekstual dalam proses pembelajaran bahasa Inggris sangat mempengaruhi motivasi belajar bahasa Inggris siswa. Proses pembelajaran bahasa Inggris yang diajarkan dengan menggunakan metode kontekstual ini, ternyata dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa. Terbukti bahwa nilai rata-rata motivasi belajar bahasa Inggris siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode kontekstual sebesar 152,396, sementara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional nilai rata-rata motivasi belajar bahasa Inggrisnya adalah sebesar 143,724. Secara umum, hasil penelitian ini menggambarkan bahwa para siswa memiliki motivasi belajar bahasa Inggris yang tinggi.
Kata kunci : metode kontekstual, motivasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v7i13.2280
Article Metrics
Abstract view : 270 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Istiana M.Psi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official