Perkiraan Konsumsi Energi Listrik Di Aceh Pada Tahun 2028 Menggunakan Metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System

Yoga Tri Nugraha, M. Fitra Zambak, Arnawan Hasibuan

Abstract


Konsumsi energi listrik di Aceh semakin meningkat dari tahun ke tahun.Faktor yang menyebabkan meningkatnya konsumsi energi listrik di Aceh adalah Pertumbuhan Penduduk, dan Ekonomi. Untuk memenuhi akan kebutuhan konsumsi energi listrik yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, maka dilakukan perkirakan konsumsi energi listrik jangka panjang selama 10 tahun yaitu pada tahun 2028 di Aceh. Untuk memperkirakan konsumsi energi listrik ini memerlukan sebuah metode yang dapat mendekati hasil aslinya.Metode tersebut yaitu Metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System. Hasil yang didapat dalam memperkirakan konsumsi energi listrik pada tahun 2028 di Aceh dengan menggunakan metode ini adalah sebesar 5578,02 GWh atau dengan kenaikan 2,07% setiap tahunnya sampai tahun 2028.

Keywords


neuro-fuzzy; forecast; electrical energy consumption;

Full Text:

PDF

References


A. Hasibuan and W. V. Siregar, “Prakiraan Kebutuhan Energi Listrik Kota Subulussalam Sampai Tahun 2020 Menggunakan Metode Analisis Regresi,” R E L E (Rekayasa Elektr. dan Energi) J. Tek. Elektro, vol. 1, pp. 0–4, 2019.

P. Agung, D. Hartono, and A. A. Awirya, “Pengaruh Urbanisasi Terhadap Konsumsi Energi Dan Emisi CO2: Analisis Provinsi di Indonesia,” J. Ekon. Kuantitatif Terap., pp. 9–18, 2018.

R. Finata, “PRAKIRAAN KONSUMSI ENERGI LISTRIK DI SUMATERA UTARA PADA TAHUN 2025 MENGGUNAKAN METODE REGRESI DALAM APLIKASI SIMPLE E,” Tugas Akhir UMSU, 2015.

I. Haimi, “Peramalan Beban Listrik Jangka Pendek Dengan Menggunakan Metode ANFIS,” UINSUSKA, 2010.

A. Azadeh, M. Saberi, V. Nadimi, M. Iman, and A. Behrooznia, “An Integrated Intelligent Neuro-Fuzzy Algorithm for Long-Term Electricity Consumption: Cases of Selected EU Countries,” Acta Polytech. Hungarica, vol. 7, no. 4, pp. 71–90, 2010.

L. K. Widyapratiwi, I. P. A. Mertasana, and I. G. D. Arjana, “Peramalan Beban Listrik Jangka Pendek Di Bali Menggunakan Pendekatan Adaptive Neuro Fuzzy Inference System,” Teknol. Elektro, vol. 11, no. 1, 2012.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v5i1.15624

Article Metrics

Abstract view : 234 times
PDF - 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License