Payroll Program Design at The Employee Cooperative of The Republic Indonesia Kancawinaya Teachers Karawang

Nuraeni Herlinawati, Dahlia Dahlia, Verry Riyanto, Ganda Wijaya

Abstract


Saat ini Teknologi Informasi (TI) sangatlah berpengaruh dalam dunia kerja. Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Guru Kancawinaya membutuhkan sekali adanya suatu sistem penggajian yang terkomputerisasi untuk mempermudah dalam pembagian gaji pegawai sehingga memperoleh hasil yang akurat. Untuk itulah penulis termotivasi untuk melakukan penelitian pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Guru Kancawinaya dan membangun sebuah program yang dapat memecahkan masalah dalam pengelolaan data penggajian sehingga dapat memperoleh hasil yang akurat. Dengan banyaknya unit usaha yang dimiliki oleh Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Guru Kancawinaya maka dibutuhkan sumber daya manusia yang dapat mengelolanya. Pengurus koperasi tidak akan mungkin bisa mengelola semuanya, oleh karena itu diperlukan beberapa pegawai pada unit usaha yang dimiliki koperasi. Penggajian adalah sesuatu yang sangat vital dalam dunia kerja dan jika dalam pengelolaanya tidak baik dapat menimbulkan resiko seperti: kecurangan, kesalahan dan penyelewengan yang akibatnya akan membuat perusahaan menjadi rugi, dalam hal ini adalah koperasi. Oleh karena itu dibutuhkan adanya sistem penggajian yang terkomputerisasi dan diterapkan dengan baik supaya memperoleh informasi yang handal.


Keywords


Perancangan; Penggajian; Pegawai; Koperasi; Aplikasi

Full Text:

PDF

References


A. Gustiawan and C. Tristianto, “Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Web Menggunakan Metode Extreme Programming Pada PT. Pradana Energi Gemilang,” J. Ilmu Komput. JIK, vol. V, no. 01, pp. 1–6, 2022.

R. Evitasari, M. Muthmainnah, and R. S. Kusumadiarti, “Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Di CV Anugerah Sukses Gemilang,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 6, no. 4, pp. 600–607, 2022.

E. Mulyadi, A. Primawati, and B. Santoso, “Perancangan Sistem Informasi Penggajian Guru SMK An-Nur Klapanunggal Kabupaten Bogor Berbasis Java,” Semnas Ristek (Seminar Nas. Ris. dan Inov. Teknol., vol. 6, no. 1, pp. 333–338, 2022, doi: 10.30998/semnasristek.v6i1.5696.

F. A. Laila and A. B. Santoso, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Unit Koperasi Inkopal Sabu Padang Cermin,” J. Teknol. Terkini, vol. 2, no. 3, pp. 1–13, 2022.

R. A. Kusuma, M. Haikal, and P. Purwanti, “Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Pada PT Duta Visual Nusantara TV7 Trans7,” Semnas Ristek (Seminar Nas. Ris. dan Inov. Teknol., vol. 6, no. 1, pp. 429–434, 2022.

M. Nazir, Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia, 2018.

P. I. Djiwandono, Meneliti itu Tidak Sulit. Yogyakarta: Deepublish, 2019.

A. S. Rosa and S. Muhammad, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2018.

J. Enterprise, Aplikasi Penggajian Dengan Java Untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.

J. Simarmata and I. Paryudi, Basisdata. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2011.

A. Kadir, Teori Dan Aplikasi Struktur Data Menggunakan Java. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2018.

E. W. Fridayanthie and T. Mahdiati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung),” J. Khatulistiwa Inform., vol. IV, no. 2, pp. 126–138, 2016.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v7i2.36775

Article Metrics

Abstract view : 203 times
PDF - 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License