Cover Image

Potensi Ekowisata Bahari Pulau-Pulau Kecil di Kabupaten Halmahera Selatan

Muhammad Agus Umar

Abstract


Ekosistem pesisir memiliki potensi yang besar dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kegiatan pariwisata yang dapat dikelola dengan konsep ekoswisata. Dalam konsep ekowisata, wisata yang dilakukan dalam konteks ini memiliki bagian yang tidak terpisahkan dengan upaya-upaya konservasi, pemberdayaan ekonomi lokal dan saling menghargai perbedaan kultur atau budaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi ekowisata bahari di pulau-pulau kecil yang terdapat di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan dan mengetahui aspek yang menjadi kekuatan untuk nantinya dapat dikembangkan sebagai kawasan ekowisata bahari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dan penentuan titik stasiun secara purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh nilai Indeks Kesesuaian Wisata pada stasiun I dan II masing-masing 87,14% dan 88,57%. Penilaian mengenai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, pengembangan potensi pantai dinilai dari hasil pengamatan di lokasi penelitian, wawancara dan kuesioner. Pantai Pulau Sali dan Daga Besar di gugusan kepulauan Widi memiliki potensi sebagai kawasan ekowisata bahari seperti keindahan alam yang masih asli, alami dan begitu eksotis, biota laut dan terumbu karang yang beranekeragam. Aspek kekuatan yaitu pemberdayaan  masyarakat  lokal, peningkatan fasilitas dan prasana pendukung lain.

Kata kunci : Potensi, Ekowisata bahari, Pulau-pulau kecil


Full Text:

PDF

References


Baiquni , M. (2010). Pariwisata Berkelanjutan dalam Pusaran Krisis Global. Denpasar: Udayana University Press.

Body, C.E. (1988). Water Quality in Warmwater Fish Ponds. Fourth Printing. Aurburn University Agricultural Experiment Station. Alabama. USA.

Effendi, Hefni. (2003). Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Yogyakarta : Kanisius

Hutabarat, S., & S.M. Evans. (2000). Pengantar Oseanografi. Jakarta : UI-Press

Kordi, M.G.H., & A.B. Tancung. (2007). Pengelolaan Kualitas Air Dalam Budidaya Perairan. Jakarta: Rineka Cipta

Putera AHF., Fachrudin A., Niken TMP., & Setyo BS. (2012). Kajian Keberlanjutan Pengelolaan Wisata Pantai di Pantai Pasir Putih Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia. Vol.8 (3) : 241 – 254.

Rochyatun, E. (2000). Variasi Musiman Kandungan Oksigen Terlarut di Perairan Gugus Pulau Pari. Pusat Penelitian Oseanografi. LIPI. Jakarta

Simanungkalit, N.M., & Lumbantoruan,W. (2016). Analisis Persebaran Intrusi Air Laut pada Air Tanah Freatik di Desa Rugemuk Kec. Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Geografi. 8(02), 146-155

Susana, T. (2009). Tingkat Keasaman(pH) dan Oksigen Terlarut sebagai Indikator Kualitas Perairan Sekitar Muara Cisadane, Jurnal Teknologi Lingkungan. Jakarta : LIPI.

Tambunan J.M., Anggoro S., & Purnaweni H. (2013). Kajian Kualitas Lingkungan dan Kesesuaian Wisata Pantai Tanjung Pesona Kabupaten Bangka. Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan. Magister ilmu lingkungan. Universitas Diponegoro. Semarang.

Rif’an, A.A. (2018). Daya Tarik Wisata Pantai Wediombo Sebagai Alternatif Wisata Bahari di Daerah Istimewa Yograkarta. Jurnal Geografi. 10(1), 63-73.

Suma, N.N. (2018). Informasi Geospasial Untuk Membangkitkan Potensi Wisata Pesisir Pada Jalur Lintas Selatan Jember Jawa Timur. Jurnal Geografi. 10(1), 26-41.

Tuwo A. (2011). Pengelolaan Ekowisata Pesisir dan Laut. Brilian Internasional. Surabaya

Yulianda F., Fachrudin A., Ambrosius AH., Sri H., & Kusharjani, Ho S K. (2010), Pengelolaan Pesisir dan Laut Secara Terpadu. PUSDIKLAT KEHUTANAN-SECEM-KOICA. Bogor.

Yulianda, F. (2007). Ekowisata Bahari Sebagai Alternatif Pemanfaatan Sumberdaya Pesisir Berbasis Konservasi. Makalah. Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.




DOI: https://doi.org/10.24114/jg.v10i2.10323

Article Metrics

Abstract view : 1748 times
PDF - 1223 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019

Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.