Cover Image

Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Project Pada Mata Kuliah Evaluasi Hasil Belajar Geografi TA 2017/2018

Mona Adria Wirda, Rosni Rosni, Nurmala Berutu, Riki Rahmad

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis project pada matakuliah Evaluasi Hasil Belajar Geografi dengan menggunakan model ADDIE. Selain itu, juga bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah evaluasi hasil belajar geografi TA 2017/2018, dan (2) mendeskripsikan respon mahasiswa TA 2017/2018 terhadap LKM yang telah dikembangkan. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes dan lembar v­alidasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data respon mahasiswa terhadap penggunaan LKM di kelas A Reguler TA 2016/2017, tes digunakan untuk menilai hasil belajar mahasiswa melalui penggunaan LKS berbasis project, dan lembar validasi untuk mengukur kelayakan LKM yang dikembangkan. Validasi LKM dilakukan oleh 2 orang validator materi dan media. Indikator penilaian kelayakan LKM berupa kelayakan isi atau materi, kebahasaan, kegrafisan dan penyajian. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKM berbasis project sangat layak digunakan (2) hasil belajar mahasiswa kelas A Reguler TA 2017/2018 mengalami peningkatan jika dibandingkan dari ketiga nilai pre-test, mid semester dan post-test, namun hasil belajar secara keseluruhan masih perlu ditingkatkan dimana dari 26 mahasiswa, hanya 15 mahasiswa yang mendapat nilai di atas KKM, (3) respon mahasiswa terhadap LKM berbasis project cukup baik.

 Kata kunci : Pengembangan, LKM, ADDIE, Project

 

The purpose of this study was to develop student worksheets (MFIs) in order to evaluate project-based Geography Learning using the ADDIE development model in the academic year 2017/2018. In addition, it also aims to: (1) improve student learning outcomes in the course of evaluating geography learning outcomes in Regular Class A 2017/2018 school year, and (2) describe students' responses to the developed student worksheets. Data collection was carried out with questionnaires, tests and validation sheets. The questionnaire is used to assess the student responses to the use of the worksheet, the test is used to assess student learning outcomes through the use of project-based worksheets, and validation sheets for feasibility of project-based student worksheets. Assessment of the feasibility of student worksheets is carried out by 2 material and media validators. Indicators evaluate the appropriateness of student worksheets in the form of content or material feasibility, linguistics, graphics and presentations. Data analysis was carried out in a qualitative descriptive manner. The results showed that (1) project-based student worksheets were very feasible to use %, (2) the learning outcomes of Regular Class A students in the academic year 2017/2018 had increased compared to the pre-test, semester semesters and post-test , but still not significant, where out of 26 students, only 15 students scored more than 80 Minimum Completeness Criteria - KKM, (3) student responses to project-based student worksheets were good.

Key words: Development, LKM, ADDIE, Project


Full Text:

PDF

References


Belawati, T. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Diva Press

Rowntree, D. (1994). Existing material: How to find it, evaluate it and customize it. Materials production in open and distance learning. London: Paul Chapman, 79-88.

Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R and D. Cet ke -13, Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmad, R., Yuniastuti, E., & Wirda, M. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Menggunakan Camtasia Studio 8.5 Pada Matakuliah Sistem Informasi Geografi (SIG). Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1).

Wirda, M. A., Berutu, N., & Rahmad, R. (2017). Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Kelas B Reguler TA 2016/2017 Melalui Penggunaan Bahan Ajar Biogeografi Berbasis Konstruktivis di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan. JURNAL GEOGRAFI, 9(1), 67–77.

Wirda, M. A., Berutu, N., Rohani, R., & Rosni, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Biogeografi Berbasis Konstruktivis di Kelas B Regular TA 2016/2017 Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan. JURNAL GEOGRAFI, 9(2), 166–173. https://doi.org/10.23649/jae.2017.2.3.1

Wirda, M. A., Berutu, N., Rahmad, R., & Rohani, R. (2017). Pengembangan Tes Standar Berasis Teknologi Informasi di Jurusan Pendidikan Geografi. Tunas Geografi, 6(2), 101-115.




DOI: https://doi.org/10.24114/jg.v10i2.10443

Article Metrics

Abstract view : 1044 times
PDF - 990 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019

Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.