Analisis Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri Di Kota Pematangsiantar

Rosni Rosni, Ratih Puspita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri Di Kota Pematangsiantar.

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri di Kota Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru geografi kelas X sebanyak 12 guru dan 5 wakil kepala sekolah bagian kurikulum. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan observasi.Selanjutnya analisis data yang digunakan adalah tekhnik analisa deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran Geografi kelas X termasuk dalam kategori baik (71, 12%). (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan KTSP antara lain : Perencanaan ,meliputi Pelatihan (65%), Pengkajian (65%), Prota(100%), program semester (100%), program mingguan dan harian (85%), Modul (75%), program pengembangan diri (55%), Pengorganisasian meliputi pengembangan silabus (90%), RPP (100%), mendayagunakan kondisi sekolah (65%) penyampaian materi (80%), orientasi pembelajaran (85%), variasi mengajar (70%), sumber pembelajaran (95%). Pelaksanaan KBM meliputi Pre test (80%), penilaian kognitif (75%), aspek afektif (80%), psikomotorik (70%), penguasaan penilaian (75%), post test (80%): Penilaian hasil belajar, meliputi ulangan harian (80%), pembuatan soal (25%), ulangan umum (70%), penilaian portofolio (60%), dan  Pelaporan meliputi laporan guru, pelaporan hasil belajar siswa (90%), guru bekerjasama dengan orangtua (60%), membantu kepala Sekolah (55%), diskusi dan evaluasi (60%). Faktor penghambat dalam pelaksanaan (KTSP) pada mata pelajaran geografi kelas X di Kota Pematangsiantar pada indikator penggorganisasian yakni penggunaan alokasi waktu (50%) dan sarana pembelajaran (50%) dan indikator evaluasi berupa penilaian kelas (25%).

Kata Kunci: Pelaksanaan KTSP, mata pelajaran Geografi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Bandung

____________________2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Pt. Rineka Cipta : Jakarta

Depdiknas, 2008. Instrumen Penilaian Praktek Mengajar Peserta PLPG

Fajar, Arnie. 2004. Portofolio Dalam Pelajaran IPS. ROSDA: Bandung

Hamalik, Oemar. 1990. Pengembangan Kurikulum (Dasar-dasar dan Perkembangannya). CV. Mandala Maju: Bandung

http://www.docstoc.com/docs/1991509/67-Geografi-SMA/(diakses tanggal 17 April 2010, pukul 15. 45 wib)Oleh Basuki Dwi Sulistyo

http://www.docstoc.com/docs/22754258/IMPLEMENTASI-KURIKULUM-TINGKAT-SATUAN-PENDIDIKAN-%28KTSP%29-PADA (diakses tanggal 12 April 2010, pukul 19. 05 wib)Oleh Saptari ari

Nurdin.2005. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Quantum: Jakarta

Mulyasa. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. ROSDA: Bandung

Muslich, Masnur. 2008. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Bumi Aksara: Jakarta

Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Tarsito: Bandung

Susanto. 2007. Pengembangan KTSP. Mata Pena : Jakarta

Susilo, Muhammad Joko, 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Manajemen Attention:Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sugiyono. 1999. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta: Bandung

Tika, Pabundu. 2005. Metode Penelitian Geografi. Bumi Aksara: Jakarta

Uno, Hamzah. 2007. Profesi Kependidikan, Problema Solusi dan Reformasi. Bumi Aksara: Jakarta

Yamin, Martinis. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. GP. Press: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24114/jg.v3i1.7292

Article Metrics

Abstract view : 636 times
PDF - 1139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019

Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.