Meningkatkan Kualitas Manusia Dalam Praktek Lapangan Analisis Vegetasi dan Kemampuan E-Learning Melalui Problem Based Instruction (PBI)

Meilinda Suriani Harefa

Abstract


Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), meningkatkan kualitas mahasiswa melakukan praktek lapangan analisa vegetasi  pada wilayah pesisir, melakukan kerjasama  Jurusan Pendidikan Geografi dengan Jurusan Biologi melalui pemanfaatan Laboratorium Biologi dalam pembelajaran Ekologi dan Lingkungan dan meningkatkan kemampuan e-learning dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data peningkatan hasil belajar mahasiswa dari siklus I rata-rata nilai mahasiswa 79.23 dengan komposisi nilai (A = 11.63 %, B = 32.56% dan C = 55.81 %) , siklus II nilai rata-rata mahasiswa 83,68 dengan komposisi nilai (A = 16.28 %, B = 69.77 % dan nilai C = 13.95 %) dan siklus ke III memperoleh nilai rata-rata 89,09 dengan komposisi nilai (A = 41.86 %, B = 55.81 % dan C = 2.33 %) sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat mengembangkan praktek lapangan analisa vegetasi pada mata kuliah Ekologi dan Lingkungan, pengembangan praktek lapangan analisa vegetasi pada wilayah pesisir oleh kelompok mahasiswa dapat memberikan keterampilan yang ilmiah, suasana pembelajaran  dengan pemanfaatan e-learning  yang diterapkan pada kelompok mahasiswa dalam membahas hasil identifikasi vegetasi menjadi karya ilmiah dapat memainkan peranan yang lebih aktif dalam pembelajarannya dan pemanfaatan laboratorium Jurusan Biologi  sangat membantu mahasiswa Jurusan pendidikan Geografi memahami konsep analisa vegetasi pada matakuliah Ekologi dan lingkungan.

Kata Kunci :      Model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), praktek lapangan analisa vegetasi, e-learning


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jg.v4i2.8065

Article Metrics

Abstract view : 327 times
PDF - 481 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019

Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.