Meningkatkan Kualitas Manusia Dalam Praktek Lapangan Analisis Vegetasi dan Kemampuan E-Learning Melalui Problem Based Instruction (PBI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), meningkatkan kualitas mahasiswa melakukan praktek lapangan analisa vegetasi pada wilayah pesisir, melakukan kerjasama Jurusan Pendidikan Geografi dengan Jurusan Biologi melalui pemanfaatan Laboratorium Biologi dalam pembelajaran Ekologi dan Lingkungan dan meningkatkan kemampuan e-learning dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data peningkatan hasil belajar mahasiswa dari siklus I rata-rata nilai mahasiswa 79.23 dengan komposisi nilai (A = 11.63 %, B = 32.56% dan C = 55.81 %) , siklus II nilai rata-rata mahasiswa 83,68 dengan komposisi nilai (A = 16.28 %, B = 69.77 % dan nilai C = 13.95 %) dan siklus ke III memperoleh nilai rata-rata 89,09 dengan komposisi nilai (A = 41.86 %, B = 55.81 % dan C = 2.33 %) sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat mengembangkan praktek lapangan analisa vegetasi pada mata kuliah Ekologi dan Lingkungan, pengembangan praktek lapangan analisa vegetasi pada wilayah pesisir oleh kelompok mahasiswa dapat memberikan keterampilan yang ilmiah, suasana pembelajaran dengan pemanfaatan e-learning yang diterapkan pada kelompok mahasiswa dalam membahas hasil identifikasi vegetasi menjadi karya ilmiah dapat memainkan peranan yang lebih aktif dalam pembelajarannya dan pemanfaatan laboratorium Jurusan Biologi sangat membantu mahasiswa Jurusan pendidikan Geografi memahami konsep analisa vegetasi pada matakuliah Ekologi dan lingkungan.
Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), praktek lapangan analisa vegetasi, e-learning
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jg.v4i2.8065
Article Metrics
Abstract view : 327 timesPDF - 481 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019
Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.