Inovasi Pembelajaran dalam Mata Kuliah Pengantar Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Wilayah Pada Jurusan Pendidikan Geografi FIS Unimed

Minah Sinuhaji, Walbiden Lumbantoruan, Muhammad Ridha S. Damanik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat ketuntasan penguasaan mahasiswa jurusan geografi melalui penerapan model pembelajaran kerja lapangan dan pemanfaatan teknologi informasi pada materi perencanaan pembangunan wilayah.

Dalam penelitian ini model pembelajaran yang diterapkan adalah kuliah kerja lapangan, dimana mahasiswa dituntut untuk melakukan pembelajaran di lapangan dengan mengamati dan meanalisis kenampakan di lapanangan dengan konsep teori yang di pelajari. Mahasiswa juga terlibat langsung dalam pemenfaatan IT melalui pencarian data dan informasi menggunakan internet. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah KKL Sosial pada semester ganjil tahun akademik 2011/2012.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatankan pada nilai mahasiswa mulai dari tahap pra lapangan, dimana rata-rata nilai mahasiswa 83,5 dengan komposisi nilai A = 8,82 %, B = 67.65% dan C = 23,53 % , tahap lapangan nilai rata-rata mahasiswa 83,90 dengan komposisi nilai A = 11,76 %, B = 82,35 % dan nilai C = 5,88 % dan tahap pasca lapangan memperoleh nilai rata-rata 84,43 dengan komposisi nilai A = 17,65 %, B = 76,47 % dan C = 5,88 %. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembejaran kerja lapangan dalam mata kuliah perencaan pembangunan dan pembangan wilayah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada KDBK Pengembanagn Wilayah, (2) Pengintergasian IT melalui e-learning dapat dilakukan dalam pembelajaran pada KDBK Geografi Teknik dan Pengembangan Wilayah melalui penugasan dalam bentuk data digital yang dikirimkan melalui email, pemanfaatan internet sebagai sumber referensi, serta pemanfaat sistem informasi geografis untuk menganalisis potensi daerah dan perencanaan tata ruang, (3) Adanya peningkatan peningkatan tingkat ketuntasan mahasiswa melalui penerapan inovasi pembelajaran.

Kata Kunci :         Inovasi Pembelajaran, Praktek Lapangan, Pengantar Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Wilayah


Full Text:

PDF

References


Allen, B & Allen. T, (2004), Competency Based Learning Strategies That Get Result, Future Learning Inc, Dalam Hasudungan Sinaga, MS Lokakarya Kompetensi dan Standard Mutu Lulusan.

Bramham, (2006), Human Resource, Planning Golden, Kuala Lumpur, Dalam Hasudungan Sinaga, MS, Lokakarya, Kompetensi dan Standard Mutu Lulusan.

Hadi, Sutrisno. 1994. Metode Research jilid. Yogyakarta

Hardjosuwarn, Sunarto. 1990. Dasar-Dasar Ekologi Tumbuhan. Yogyakarta: Fakultas Biologi UGM

Harijati, Sri. 2011. Model Kolaborasi Untuk Penyelenggaraan Praktikum Dalam Sistem Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. Jurnal PT JJ Volume 2.1

Harun, 1993. Ekologi Tumbuhan. Bina Pustaka. Jakarta.

Heinich, et al. (1996) Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.

Lingin, L. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Geografi. JURNAL GEOGRAFI, 4(2), 15-28.

Metode Belajar Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) pada Mata Ajaran Termodinamika Terapan, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Proses Kimia 2002 di UI ISSN 1410-9891 Inovasi Produk Berkelanjutan, Hotel Sahid Jaya, Jakarta.

Purwanto. 2002. Pembelajaran Pengendalian Proses Menggunakan Internet, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Proses Kimia 2002 di UI ISSN 1410-9891 Inovasi Produk Berkelanjutan, Hotel Sahid Jaya, Jakarta.

Purwanto 2002. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rooesriyan, N.K, (1986), Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem, PT. Aksara, Jakarta.

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar dan proses pendidikan. Jakarta Kencana Prenada Media Group

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N.S. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kesuma Karya.

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Usman, Hscr Moh, (1991), Menjadi Guru Profesional: Remai Rosdekaria.




DOI: https://doi.org/10.24114/jg.v5i1.8084

Article Metrics

Abstract view : 394 times
PDF - 485 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019

Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.