Inovasi Pembelajaran Melalui Penguatan Keterampilan Pembuatan Peta Dasar Wilayah Pada Matakuliah Praktek Kartografi

Asnidar Asnidar, Ali Nurman, Muhammad Ridha S. Damanik

Abstract


Penelitian pembuatan peta dasar wilayah melalui hasil pengukuran lapangan menggunakan meteran dan kompas bertujuan untuk memperkuat penguasaan kompetensi pembuatan peta oleh mahasiswa pada matakuliah Praktek Kartografi. Keterampilan ini sangat penting untuk mendukung berbagai keterampilan pembuatan peta lainnya, terutama peta-peta tematik kebutuhan pembelajaran yang menjadi muara dari perkuliahan ini. Sebagai calon guru geografi professional, keterampilan ini perlu terus dilatih dan dikembangkan bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi, karena Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMA menuntut adanya keterampilan ini. Sebagai Lembaga Kependidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang memproduksi guru geografi, matakuliah Praktek Kartografi menjadi salah satu matakuliah yang dapat mengembangkan keterampilan tersebut, dengan demikian kebutuhan stake holder dapat dipenuhi dengan baik. Pengukuran wilayah dilakukan di wilayah Unimed yaitu Fakultas ILmu Sosial, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa dan Seni, Galeri Seni Rupa sampai ke UPPL, Sekolah Pascasarjana, dan Lapangan Tenis Unimed, yang dilaksanakan oleh 171 orang mahasiswa dari empat kelas paralel angkatan 2010 yang terdiri dari 32 kelompok kerja. Hasil penelitian dilaporkan oleh setiap kelompok menjadi laporan kegiatan praktek dan pada laporan ini dibuatkan tabel data hasil pengukuran dan peta dasar wilayah hasil pengukuran setiap kelompok dengan skala 1:250. Disamping itu pengukuran luas peta dasar hasil pengukuran juga dilakukan, dan luas semua peta dasar wilayah hasil  pengukuran yang dihitung melalui metoda bujur sangkar adalah 163.554,20 meter bujur sangkar. Aktivitas belajar meningkat rata-rata sebesar 24%. Dari tiga indikator yang diobservasi, kerjasama kelompok mengalami peningkatan yang paling besar (28%). Keterampilan pengukuran lapangan meningkat dengan rata-rata 67,83 pada pengukuran pertama, menjadi 88,38 pada pengukuran berikutnya.Nilai rata-rata yang diperoleh kelompok kerja mahasiswa 86,77.

Kata Kunci : Inovasi Pembelajaran, Pembuatan Peta Dasar, Kartografi


Full Text:

PDF

References


Gayo, Yusuf, dkk.1997. Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan. Jakarta. Pradnya Paramita

Kraak, M.J. & Ormeling, F.J.1996. Cartography Visualization of Spatial Data. England. The Dorset Press

Prihandito, Aryono. Kartografi. Mitra Gama Widya. Yogyakarta

Saraswati, Endang, D. 1979. Kartografi Dasar. UGM Press. Yogyakarta

Subagio. 2003. Pengetahuan Peta. Penerbit ITB. Bandung.

Sukoco, Halim & Halim, Yusron. 1998. Pengetahuan Peta. Gadjah Mada Press. Yogyakarta

Sandy, I Made. Esensi Kartografi. Jakarta : Gramedia

Simanungkalit, N. M. (2011). Pemilihan Media dan Cara Membuat Peta Statistik Untuk Pembelajaran Geografi di SMA. JURNAL GEOGRAFI, 3(2), 67-82.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Progresif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jg.v5i1.8086

Article Metrics

Abstract view : 1648 times
PDF - 1199 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019

Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.