Inovasi Meida Pembelajaran Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Tata Ruang Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Geografis

Darwin Parlaungan Lubis, Mahara Sintong, Maringan Sirait

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa melakukan praktek lapangan dalam inovasi pembelajaran Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Tata Ruang  melalui model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan meningkatkan  kemampuan mahasiswa dengan  pemanfaatan media  WebCT e-Learning dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) .

Dalam penelitian ini model pembelajaran yang diterapkan adalah kuliah kerja lapangan, dimana mahasiswa dituntut untuk melakukan pembelajaran di lapangan dengan mengamati dan meanalisis kenampakan di lapanangan dengan konsep teori yang di pelajari.Selain itu, mahasiswa juga terlbat langsung dalam pemenfaatan IT melalui pencarian data dan informasi menggunakan internet. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Tata Ruang  pada semester ganjil tahun akademik 2011/2012.Disamping itu, mahasiswa yang sedang melakukan penelitian dengan kajian pengembangan wilayah juga dilibatkan dalam penelitian ini.

Berdasar hasil penilaian kerja kelompok mahasiswa dari tahap pra lapanganhingga tahappasca lapanga pada kegiatan pembelajaran praktek lapangan pengantar perencanaan pembangunan dan pengembangan wilayah mengalami peningkatan. Hal ini terlihat nilai mahasiswa pada tahap pra lapangan rata-rata nilai mahasiswa 80,47 dengan komposisi nilai (B = 72,50% dan C = 27,50 %) , tahap lapangan nilai rata-rata mahasiswa 81,56 dengan komposisi nilai (A = 12,50 %, B = 82,50 % dan nilai C = 12,50 %) dan tahap pasca lapangan memperoleh nilai rata-rata 81,56 dengan komposisi nilai (A = 22,70 %, B = 82,50 % dan C = 2,50 %). Hasil ini menunjukkan jumlah mahasiswa yang memiliki nilai yang tinggi semakin meningkat.

Kata Kunci : Inovasi Pembelajaran, Praktek Lapangan, Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Tata Ruang  

 


Full Text:

PDF

References


Hadi Sabari Yunus, 1999, Struktur Tata Ruang Kota. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Harijati, Sri. 2011. Model Kolaborasi Untuk Penyelenggaraan Praktikum Dalam Sistem Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. Jurnal PT JJ Volume 2.1

Johara T. Jayadinata, 1997. Faktor Geografi Sebagai Sumberdaya Dalam Pembangunan Wilayah, Desa dan Kota, Jurusan Teknik Planologi, Fakultas Teknik dan Perencanaan ITB. Bandung

Johara T. Jayadinata, 1999. Pembangunan Desa Dalam Perencanaan, Jurusan Teknik Planologi, Fakultas Teknik dan Perencanaan ITB. Bandung

Mulyono Sadyohutomo. 2008. Manajemen Kota Dan Wilayah, Realita dan Tantangan. Bumi Aksara. Jakarta

Purwanto. 2002. Pembelajaran Pengendalian Proses Menggunakan Internet, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Proses Kimia 2002 di UI ISSN 1410-9891 Inovasi Produk Berkelanjutan, Hotel Sahid Jaya, Jakarta.

Rahardio Adisasmita, 2005, Dasar Dasar Ekonomi Wilayah, Graha Ilmu. Yogyakarta

Rooesriyan, N.K, (1986), Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem, PT. Aksara, Jakarta.

Sanjaya, W. (2006).Strategi pembelajaran berorientasi standar dan proses pendidikan. Jakarta Kencana Prenada Media Group

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Sinuhaji, M., Lumbantoruan, L., Damanik, M.R.S. (2013). Inovasi Pembelajaran dalam Mata Kuliah Pengantar Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Wilayah Pada Jurusan Pendidikan Geografi FIS Unimed. JURNAL GEOGRAFI, 5(1), 47-60.

Siti Sutriah Nurzaman, 2002, Perencanaan Wilayah Di Indonesia, Pada masa krisis. ITB, Bandung

Sitohang, Paul. 1977. Pengantar Perencanaan Regional. Fakultas Ekonomi Univ.Indonesia, Jakarta

Sujali, 1989, Dasar Dasar Kebijakan Pembangunan Daerah Di Indonesia, Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada, Yogjakarta, Tidak diterbitkan

Sumaatmadja, Nursid. 1988. Geografi Pembangunan. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta

Tarigan, Robinson, 2005. Ekonomi Regional: Teori dan Aplikasi. Bumi Aksara. Jakarta.

Tarigan, Robinson, 2005. Perencanaan Pembangunan Wilayah. Bumi Aksara. Jakarta

Todaro, Michael P. 1986. Perencanaan Pembangunan, Model dan Metode. Intermedia. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jg.v5i2.8157

Article Metrics

Abstract view : 483 times
PDF - 673 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019

Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.