Cover Image

Aplikasi Data Penginderaan Jauh Untuk Kajian Kondisi Eksisting Ekosistem Mangrove di Wilayah Kepesisiran Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara

Eni Yuniastuti, Anik Juli Dwi Astuti, Dwi Wahyuni Nurwihastuti

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kepesisiran Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting, mengetahui indeks keanekaragaman, dan mengetahui agihan ekosistem mangrove yang tumbuh di wilayah kepesisiran Kecamatan Pantai Labu. Penelitian ini menggunakan metode survei. Metode pengumpulan data dengan sampling serta metode analisisnya secara kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh ekosistem mangrove yang terdapat di daerah penelitian. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling untuk penentuan transek garis dan petak contoh (transect line plot). Teknik pengumpulan data meliputi analisis data sekunder, observasi, dan perhitungan langsung di lapangan. Variabel penelitian ini meliputi kerapatan (densitas), kekerapan (frekuensi), luas penutupan (coverage), indeks nilai penting (importance value index), indeks dominasi (index of dominance), dan indeks keanekaragaman (diversity). Teknik analisis hasil menggunakan analisis spasial dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kondisi eksisting ekosistem mangrove yang terdapat di Kecamatan Pantai Labu berdasarkan hasil interpretasi visual citra Google Earth Tahun 2015 sebesar 517,95 ha. Keanekaragaman vegetasi mangrove di Kecamatan Pantai Labu memiliki indeks keanekaragaman H’ < 1,0. Artinya keanekaragaman mangrove di Kecamatan Pantai Labu masih rendah, miskin, produktivitas sangat rendah sebagai indikasi adanya tekanan yang berat, dan ekosistem tidak stabil. Spesies mangrove yang terdapat di Kecamatan Pantai Labu meliputi Avicennia sp (api-api), Rhizophora sp (bakau), Sonneratia sp (pedada), Bruguira sp, dan Xylocerpus sp (nyirih). Persebaran dan agihan ekosistem mangrove di Kecamatan Pantai Labu berada di sepanjang tepi pesisir yang meliputi Desa Sungai Tuan dengan luas 128,58 ha, Desa Bagan Serdang dengan luas 78,75 ha, Desa Regemuk dengan luas 33,50 ha, Desa Pantai Labu Pekan dengan luas 15,85 ha, Desa Paluh Sebaji dengan luas 73,48 ha, dan Desa Denai Kuala dengan luas 187,79 ha.

Kata Kunci: ekosistem mangrove, wilayah kepesisiran, Google Earth


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2014). Kabupaten Dei Serdang Dalam Angka 2014. Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

Ginting, C., Suharsono, T. W, Sari, N. (2010). Pengelolaan Sumberdaya Alam Pesisir Kecamatan Pantai Labu Dengan Pendekatan Partisipatif. Jurnal diakses tanggal 22 September 2015 jam 15.00.

Gunawan, T., Santosa, L. W., Muta’ali, L., Santosa, S. H. M. B. (2005). Pedoman Survei Cepat Terintegrasi Wilayah Kepesisiran. Fakultas Geografi: Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Khakhim, N. (2011), Bahan Ajar Pengelolaan Wilayah Pesisir. Fakultas Geografi: Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Kordi, M. G. H. (2012). Ekosistem Mangrove Potensi, Fungsi, dan Pengelolaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Kehutanan No.P.03/MENHUT/-V/2004 tentang Pedoman dan Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan.

Sunarto. (2003). Geomorfologi Pantai: Dinamika Pantai, Laboratorium Geomorfologi Terapan. Jurusan Geografi Fisik, Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Van Zuidam, R.A. and Van Zuidam-Cancelado. (1978). Terrain Analysis and Classification Using Aerial Photographs: A Geomorfological Approach. ITC Textbook Vol.VII Ch.6, ITC, Enschede.

Yusnawati, C. (2004). Pengaruh Sosial Ekonomi Masyarakat Terhadap Pemanfaatan Hutan Mangrove di Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang, Tesis. Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Universitas Sumatera Utara, Medan.




DOI: https://doi.org/10.24114/jg.v10i2.9384

Article Metrics

Abstract view : 1722 times
PDF - 1335 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 36/E/KPT/2019

Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.