PELUANG WIRAUSAHA BARU DALAM KREATIVITAS MENGGUNTING BERANTAI DI TAMAN KANAK ANUGRAH SAYANG IBU DI KAMPUANG JUA KECAMATAN SUNGAI LIMAU

Farida Mayar, Dadan Suryana, Eko Purnomo, M. Nasrul Kamal

Abstract


Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk melatih guru Taman Kanak-Kanak Anugrah Sayang Ibu di Kampung Jua, Distrik Sungai Limau. Judul pengabdian ini adalah Peluang Wirausaha Baru dalam Kreativitas menguntingan berantai di Anugrah TK Ibu yang Terhormat di Distrik Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman. Sebelumnya, pelatih tidak melihat bahwa potongan rantai tidak pernah mendapatkan pengetahuan tentang potongan rantai sejauh ini. Oleh karena itu, pelatihan pengembangan kreativitas ini bertujuan untuk menciptakan suatu produk baru, skil dimiliki bisa menjadi suatu usaha yang menjanjikan. Kegiatan pemahaman diberikan dengan metode ceramah, pragaan dan demontrasi, yang akan diajarkan kepada anak-anak TK dan juga untuk bisa menjadi wirausaha bagi para guru untuk bekerja pada seni yang indah. Hasil yang diperoleh dari pengabdian ini, guru tertarik pada denthusiastic. Setelah mendapatkan pelatihan, para peserta diadili oleh anak-anak TK yang mengikuti pelatihan mulai dari berbagai jenis kertas, mengetahui untuk menggabungkan warna-warna benda dengan warna latar belakang, cara menggambar benda yang mereka sukai dan kemudian memotong pada lipatan kertas, mereka sangat senang melakukan kegiatan penyuntingan berantai sebagai peluang wirausaha baru, materi pembelajaran di TK.

Kata Kunci: kewirausahaan, kreativitas, memotong.

Abstract

This service aims to train the teacher of Kindergarten Anugrah Sayang Ibu in Kampung Jua, Sungai Limau District. The title of this dedication is New Entrepreneurial Opportunities in Creativity, chain-linking in the Honorable Mother's Kindergarten Anugrah in Sungai Limau District, Padang Pariaman Regency. Previously, the trainer did not see that chain pieces have never gained knowledge about chain pieces so far. Therefore, this creativity development training aims to create a new product, owned skills can be a promising business. Understanding activities are provided with lecture, demonstration and demonstration methods, which will be taught to kindergarten children and also to become entrepreneurs for teachers to work on beautiful art. The results obtained from this dedication, the teacher is interested in denthusiastic. After getting the training, the participants were tried by kindergarten children who participated in the training, starting from various types of paper, knowing to combine the colors of objects with background colors, how to draw objects they like and then cut on paper folds, they were very happy to do chain editing activities as new entrepreneurial opportunities, learning materials in kindergarten.  

Keywords: entrepreneurship, creativity, cutting. .

 

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.17212

Article Metrics

Abstract view : 270 times
PDF - 350 times

Copyright (c) 2020 Farida Mayar, Dadan Suryana, Eko Purnomo, M. Nasrul Kamal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License