Cover Image

EFEKTIFITAS USABILITY (PENGGUNAAN) SIGN SYSTEM TEMPAT WISATA KOTA SAWAHLUNTO SEBAGAI KOTA TAMBANG BERBUDAYA

Dwi Mutia Sari, Eko Purnomo

Abstract


Sawahlunto City is a tourist city by highlighting two tourism potentials that become its strengths, Mining Tourism and Old Town History Tour, which utilizes former mines and the many Dutch heritage buildings in Sawahlunto City. To support tourism in Sawahlunto City, which is widely known by visitors, communicative information media is needed so that visitors know the identity of an object, information as well as the direction and next location, one of which is the use of a sign system as media. This study aims to examine how effective the use of the sign system has been in tourist areas around the City of Sawahlunto using the Direct Rating Method (DRM), through quantitative research methods. The sub-variables used are attention, readthrough, cognitive effects, affective effects, and behavioral. The result of the research that was processed by 97 respondents was the total value of the G dimension or the total score of the sub-variables, which was 76.96. The next value is converted through the DRM table, so that the sign system is included in the good category as a visual communication media in public spaces, namely in Sawahlunto City tourism.

Keywords: sawahlunto city, effective, sign system.


Abstrak

Kota Sawahlunto merupakan kota wisata dengan menonjolkan dua potensi wisata yang menjadi kekuatannya, Wisata Tambang dan Wisata Sejarah Kota Lama, yang memanfaatkan bekas tambang serta peninggalan bangunan Belanda yang banyak di Kota Sawahlunto. Untuk mendukung wisata di Kota Sawahlunto dikenal luas oleh pengunjung, diperlukan media informasi yang komunikatif agar pengunjung mengetahui identitas suatu objek, informasi serta arah dan lokasi yang akan dituju berikutnya, salah satunya dengan penggunaan media sign system. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa efektifnya penggunaan sign system tersebut yang sudah diterapkan pada area wisata di sekitar kawasan Kota Sawahlunto dengan menggunakan Direct Rating Method (DRM), melalui pendekatan metode penelitian kuantitatif. Adapun sub variabel yang digunakan adalah perhatian (attention), pemahaman (readthrougness), efek kognitif, efek afektif, dan efek sikap terhadap media (behavioral). Hasil dari penelitian yang melalui olahan 97 responden adalah nilai total dimensi G atau skor total keseluruhan sub variabel, yaitu sebesar 76,96. Yang selanjutnya nilai tersebut dikonversikan melalui tabel DRM, sehingga sign system termasuk dalam kategori baik sebagai media komunikasi visual yang berada di ruang publik, yaitu berada di wisata Kota Sawahlunto.


Kata Kunci: kota sawahlunto, efektif, sign system.

 

Authors:

Dwi Mutia Sari : Universitas Negeri Padang

Eko Purnomo : Universitas Negeri Padang

 

References:

Behance. (2020). Sign System Berupa Petunjuk. https://www.behance.net/gallery/8364147/Redesign-Signage-System-for-Taman-Margasatwa-Ragunan (diakses tanggal 29 Februari 2020).

Dumas, Joseph S dan Redish, Janice C. (1999). A Practical Guide to Usability Testing. USA: Intellect.

Durianto, Darmadi dkk. (2003). Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif (Strategi, Program, dan teknik Pengukuran). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Evrinaldi. (2020). Kota Tua Sawahlunto Diajukan Menjadi Warisan Dunia. www.sawahluntotourism.com (diakses tanggal 29 Februari 2020).

Follins, John & Hammer, Dave. (1979). Architectural Signing & Graphics. New York: Whitney Library of Design.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jeff, Axup. (2004). Usability Professionals Association, About Usability. Australia: The University of Queensland.

Kriyantono, Rachmat. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Kusrianto, Adi. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Penerbit ANDI.

Narny, Yenny. (2015). Sawahlunto Perjalanan ke Masa Lalu. Sawahlunto: CV Celyfa.

Portaldekave. (2021). Sign System Berupa Larangan. https://www.portaldekave.com/artikel/pengertian-serta-pemahaman-sign-system-menurut-para-ahli (diakses tanggal 3 Maret 2021).

Rama, Kertamukti. (2012). Komunikasi Visual dalam Periklanan. Yogyakarta: Penerbit Galuh Yogyakarta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Sadjiman Ebdi. (2006). Metode Perancangan Komunikasi Visual. Yogyakarta: Dimensi Press.

Tinarbuko, Sumbo. (2009). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Widyatama Rendra.

Yulnita, Novika. (2020). “Sign System”. Hasil Dokumentasi Pribadi: 20 Agustus 2020, Kota Sawahlunto.

Zuriah, Nuzul. (2009). Metodologi Penelitian Sosial Pendidikan Teori-Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.24724

Article Metrics

Abstract view : 334 times
PDF - 465 times

Copyright (c) 2021 Dwi Mutia Sari, Eko Purnomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License