MODIFIKASI KALASIRIS KAHMUNRAH PADA BUSANA KREASI NIGHT AT THE MUSEUM
Abstract
Fashion creations are clothes made as a result of someone's creativity or inspiration from materials that are not normally used. Fashion creations can be inspired by various things, such as Kalasiris from fantasy movies. This study aims to engineer the Kalasiris used by the character Kah3munrah in the film Night at the Museum: Battle of the Smithsonian into a fashion creation suitable for a fantasy costume party. The method used in making fashion creations is the Double Diamond method. This method has five stages: find, define, develop, and deliver. The discovery stage begins with exploring sources of ideas through watching films and making mood boards. Priorities and target markets are determined through a defined process. In the development process, designs will be created and modified according to fantasy costume party events. Fashion creations are completed after receiving input from experts in the delivery process. The results of this study are fashion creations product that have been modified from Kahmunrah's Kalasiris. The results showed that Kalasiris can be used for fantasy costume parties by modifying some parts of Kalasiris while maintaining its characteristics.
Keywords: kalasiris, fashion creations, night, museum.
Abstrak
Busana kreasi merupakan busana yang dibuat sebagai hasil daya cipta atau inspirasi seseorang dari bahan-bahan yang tidak lazim digunakan. Pembuatan busana kreasi dapat terinspirasi dari berbagai hal, termasuk busana Kalasiris yang ada pada film fantasi. Penelitian ini bertujuan untuk merekayasa Kalasiris yang digunakan oleh tokoh Kahmunrah dalam Film Night at the Museum: Battle of the Smithsonian, menjadi busana kreasi yang sesuai dengan kesempatan pesta kostum. Metode yang digunakan dalam pembuatan busana kreasi adalah metode Double Diamond. Metode ini memiliki lima tahapan, yaitu: discover, define, develop, dan deliver. Tahap discover dimulai dengan penggalian sumber ide melalui pengamatan film dan pembuatan moodboard. Prioritas dan target market ditentukan melalui tahap define. Pada tahap ketiga atau develop, desain kemudian dibuat, dikembangkan, dan dimodifikasi sesuai dengan kesempatan pesta kostum fantasi. Busana kreasi diselesaikan setelah mendapat masukan dari ahli pada tahap deliver. Karya yang dihasilkan berupa produk busana kreasi yang telah dimodifikasi dari Kalasiris milik Kahmunrah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa busana prasejarah seperti Kalasiris dapat digunakan dalam kesempatan pesta kostum fantasi dengan cara memodifikasi beberapa bagian dan tetap mempertahankan ciri khasnya.
Kata Kunci: kalasiris, busana kreasi, night, museum.
Authors:
Najwa Aisha Arielia : Universitas Pendidikan Indonesia
Winwin Wiana : Universitas Pendidikan Indonesia
References:
Chia, P., & Fitryona, N. (2022). Analisis Karya Seni Lukis Yasrul Sami. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 11(2), 598-605. https://doi.org/10.24114/gr.v11i2.39582
Darmawan, H., Pramayoza, D., & Yusril, Y. (2020). Makna Budaya Minangkabau Dalam Film Salisiah Adaik. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 138-144. https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18359
Dewi, S. N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Penggunaan Metode Discovery Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-Kanak Kartika Fajar Baru Lampung Selatan. Disertasi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Faizah, N. K. (2018). Strategi Pemasaran Produk Pakaian dengan Sistem Online dan Offline di Toko Bibishop Grosir Nganjuk (Studi Komparasi). Skripsi tidak diterbitkan. Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Indarti, I. (2020). Metode Proses Desain dalam Penciptaan Produk Fashion dan Tekstil. BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa, 1(2), 128-137. https://doi.org/10.26740/baju.v1n2.p128-137
Kembaren, Y. A., Kartono, G., & Mesra, M. (2020). Analisis Karya Poster Berdasarkan Unity, Layout, Tipografi, dan Warna. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 121-126. https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18187
Mentari, A. (2017). The Change of Bridal Hair Accessories of Great Aceh Brides. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 2(4), 1-9.
Miswar, M., Rian, R., Muler, Y., & Rajudin, R. (2022). Studi Warna dan Gaya Pada Karya Yazid. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 11(2), 370-378. https://doi.org/10.24114/gr.v11i2.38384
Oktaviani, D. D. (2019). Konsep Fantasi dalam Film. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 15(2), 125-136. https://doi.org/10.24821/rekam.v15i2.3356
Pratista, H. (2017). Buku Memahami Film Edisi 2. Yogyakarta: Montase Press.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Rissman, R. (2015). History of Fashion. Mankato: ABDO.
Riyanto, A. A., & Zulbahri, L. (2009). Modul Dasar Busana. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Saputra, H., Loravianti, S. R., & Ediwar, E. (2018) Titik Merah: Karya Seni yang Terinspirasi dari Sebuah Film the Flu yang Divisualkan ke dalam Wujud Karya Tari. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 7(2), 187-191. https://doi.org/10.24114/gr.v7i2.11057
Seragih, Y. G., & Azis, A. C. K. (2021). Tinjauan Hasil Gambar Ilustrasi Kartun dengan Objek Binatang. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 23(2), 302-318.
Sianturi, D. E., & Purba, R. (2014). Hubungan Pengetahuan Desain Busana dengan Hasil Menggambar Busana Kreasi Pada Siswa SMK Negeri 8 Medan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16(2). https://doi.org/10.24114/jptk.v16i2.4634
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/gr.v12i1.42371
Article Metrics
Abstract view : 290 timesPDF - 323 times
Copyright (c) 2023 Najwa Aisha Arielia, Winwin Wiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id
Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License