Cover Image

VISUALISASI KARAKTER SUPERHERO FILM ANIMASI 2D SATRIA BARONG

I Gede Yudi Arsana

Abstract


Technological developments provide space to adapt local culture without having to eliminate the characteristics of the story of a culture. 2d animation is one of the media that is currently widely used in various needs that are intended to provide information or convey a message to the audience. The story of Satria Barong contains the values of character education through sat kerti loka bali which contains moral messages. The type of research used is qualitative research. Primary data collection method is a method of collecting data obtained directly from the source, namely interviews and observations and secondary data, namely literature studies. A good character design is able to make an impact on the audience. Chibi's visual style gives a positive impression, which is funny or cute. This style is used by researchers to create a visual style of characters by combining cartoon elements and curved line patterns with bright colors. The identification of the character of Satria Barong comes from four sources, namely religion, Pancasila, culture and national education goals. The same factor applies to the valuesthat will be used in Sad Kerti Bali by raising 6 existing themes, namely Jana Kerti, Jagat Kerti, Samudra Kerti, Wana Kerti, Danu Kerti and Atma Kerti. The physical characteristics of Satria Barong in the colors used at this stage are the dominant silver and gold colors. The use of silver on Barong to symbolize modern and technological progress and yellow as a symbol of might and majesty.

Keywords: 2D animation, Satria Barong.

 

Abstrak

Perkembangan teknologi memberikan ruang unuk melakukan adaptasi budaya lokal tanpa harus menghilangkan ciri khas dari cerita sebuah budaya. Animasi 2d merupakan salah satu media yang saat ini banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan yang dimaksudkan untuk memberikan informasi atau menyaampaikan sebuah pesan kepada audience. Cerita Satria Barong mengandung nilai-nilai pendidikan karakter melalui sat kerti loka bali yang mengandung pesan-pesan moralnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data primer merupakan metode pengumpulan data yang didapat langsung dari sumbernya, yaitu wawancara dan observasi serta data sekunder yaitu studi literature. Desain karakter yang baik mampu memberikan impact kepada para penonton. Gaya visual Chibi memberikan kesan yang positif, yaitu lucu atau imut. gaya ini di gunakan peneliti untuk  membuat gaya visual karakter dengan menggabungkan unsur kartun dan pola garis yang melengkung dengan warna yang cerah. Identifikasi karakter Satria Barong ini berasal dari empat sumber, yakni agama, Pancasila, budaya dan tujuan pendidikan nasional. Faktor yang sama terhadap nilai-nilai yang akan digunakan pada Sad Kerti Bali dengan mengangkat 6 tema yang ada yaitu Jana Kerti, Jagat Kerti, Samudra Kerti, Wana Kerti, Danu Kerti dan Atma Kerti. Ciri-Ciri Fisik Satria Barong pada warna yang digunakan pada tahapan ini adalah dominan swarna silver dan warna emas. Penggunakan warna silver pada Barong untuk melambangkan modern dan kemajuan teknologi dan warna kuning sebagai simbol keperkasaan dan keagungan.

Kata Kunci: animasi 2D, Satria Barong.

 

Author:

I Gede Yudi Arsana

 

References:

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan7(1), 65-80.

Gunawan, B. B. (2012). Nganimasi Bersama Mas Be!. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Pandanwangi, W. D., & Nuryantiningsih, F. (2017). Animasi Kartun Bertema Falsafah Jawa sebagai Pendidikan Karakter bagi Anak Usia dini. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi13(1), 21-28.

Rakhman, R. T., Piliang, Y. A., Ahmad, H. A., & Gunawan, I. (2021). Pemetaan Jenis Dongeng Nusantara Dalam Infografis. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia7(01), 59-78.

Segara, S. (2000). Barong dan Rangda. Surabaya: Paramitha. Sumarli, C. O., & Kurnianto, A. (2018). Developing Karakter Animasi Berbasis Kudapan Khas Tionghoa. Jurnal Desain5(03), 162-173.

Suzuki, M. (2016). Chibi: The Japanese Word That’s Cute and Offensive. Japan.

Wiana, K. (2018). Sad Kertih: Sastra Agama, Filosofi, dan Aktualisasinya. Bali Membangun Bali, Jurnal Bappeda Litbang1, 159-179.

Winarni, R. W., & Wardani, W. G. W. (2015). Produksi film animasi sebagai media kampanye anti kejahatan perdagangan manusia. Jurnal Desain3(01), 37-48.

Sofiana, Y. (2014). Pemahaman Critical Thinking, Design Thinking Dan Problem Solving Dalam Proses Desain. Humaniora5(2), 649-654.

 


Keywords


2D animation; Satria Barong

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v12i2.46217

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF - 31 times

Copyright (c) 2023 I Gede Yudi Arsana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License