Cover Image

BATIK TULIS DIWO DI KABUPATEN KEPAHIANG (STUDI KASUS DI USAHA SUMBER HAYATI)

Sherena Asrofah Maysara, Yuliarma Yuliarma

Abstract


This research focuses on the typical batik craft art of Kepahiang Regency, namely Diwo batik, which experienced extinction by developing and recreating motifs that have become characteristic. Currently, there are still many people in Kepahiang who do not know or know about this batik, both in terms of the shape of the motif, color and the process of making it. Diwo batik which features cultural motifs and natural products of kepahiang which are beautiful and have meaning in each motif as well as the technique and coloring rocess of Diwo batik, namely written batik with dab remasol coloring. The aim of this research is to explain motif designs, color combinations, tecniques and prosses in dyeing hand-written batik at Sumber Hayati. The method used is a qualitative descropty collecting data from primary sources such as written documents and audio recordings, as well as secondary data obtained from literature studies. Data collection methods include direct observation, interviews, and documentation. The next stage involves technical data evaluation and analysis, which includes data collection, data reduction, data presentation, and conclusion deducation. The resul of the research are 1) the form of the Diwo batik motifs in Sumber hayati is inspired by: (a) naturalist form (stabik motif and bunga kembang empat motif), (b) geometric motif (selempang emas motif), (c) decorative motif (ucuk rebung motif), and script mog letter motifs), 2) color combination, namely (a) contrast color  combinations, (b) momochromatic color combinations, (c) triad color combinations, and 3) techniques and processes for dyeing diwo batik using the technique  remasol dab.

Keywords: batik diwo, motifs, color, technique, process


Abstrak

Penelitian ini mengangkat tentang seni kerajinan batik khas Kabupaten Kepahiang yaitu batik Diwo yang sempat mengalami kepunahan dengan cara mengembangkan dan mengkreasikan kembali motif-motif yang memang sudah menjadi ciri khas. Masyarakat Kepahiang pun saat ini masih banyak yang belum mengenal dan mengetahui tentang batik ini, baik dari bentuk motif, warna dan proses pembuatannya. Batik Diwo yang mengangkat motif budaya dan hasil alam kepahiang yang indah dan memiliki makna pada setiap motifnya serta teknik dan proses pewarnaan batik Diwo yaitu batik tulis dengan pewarnaan colet remasol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan desain motif, kombinasi warna, teknik dan proses dalam pewarnaan batik tulis di Sumber Hayati. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data dari sumber primer seperti dokumen tertulis dan rekaman audio, serta data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka. Metode pengumpulan data meliputi observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Tahap berikutnya melibatkan evaluasi dan analisis data secara teknis, yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan deduksi kesimpulan. Hasil penelitian yaitu 1) bentuk motif batik Diwo di Sumber Hayati terinspirasi dari: (a) bentuk naturalis (motif stabik dan motif bunga kembang empat), (b) motif geometris (motif selempang emas), (c) motif dekoratif (motif pucuk rebung), dan motif aksara (motif huruf rikung), 2) kombinasi warna yaitu (a) kombinasi warna kontras, (b) kombinasi warna monokromatik, (c) kombinasi warna triad, dan 3) teknik dan proses pewarnaan batik tulis diwo dengan menggunakan teknik colet remasol.

Kata Kunci: batik diwo, motif, warna, teknik, proses.


Authors:

Sherena Asrofah Maysara : Universitas Negeri Padang

Yuliarma : Universitas Negeri Padang


References

FAISAL RAFANDI, D., Ajusril, S., & Erwin, A. (2017). Studi Tentang Batik Kaganga Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Serupa The Journal of Art Education, 4(2).

Hadaf, A., Adriani, A., & Novrita, S. Z. (2016). Motif dan Pewarnaan Batik Tulis di Dusun Giriloyo Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa YOGYAKARTA (Studi Kasus di Industri Batik Sri Kuncoro). Journal of Home Economics and Tourism, 11(1).

Isfi, Y. P., & Novrita, S. Z. Proses Pewarnaan Anyaman Mansiang Di Jorong Taratak Kubang Kabupaten Lima Puluh Kota. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 10(2), 559.

Kuwala, R. N., & Novrita, S. Z. Ragam Hias Motif Batik Tanah Liek Dharmasraya (Studi Kasus di Kerajinan Batik Tanah Liek Citra). Gorga: Jurnal Seni Rupa,11(1), 8-15.

Lubis, P. R., & Novrita, S. Z. (2021). Ragam Motif Batik Indragiri Hulu Di Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan, Busana, Seni dan Teknologi3(3), 109-117.

Suhaini, Y., & Adriani, A. Proses Pewarnaan Batik Di Kecamatan Lunang Pesisir Selatan (Studi Kasus Di Rumah Batik Dewi Busanaa Lunang). Gorga: Jurnal Seni Rupa, 11(1), 220-224.

Susanto, K., Erwin, M. S., & Minarsih, M. S. (2015). Bentuk, Fungsi dan Makna Motif Batik Bungo di Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Muara Bungo. Serupa The Journal of Art Education, 3(2).

Veriza, S., Rafia, R., & Nurjannah, N. (2023). Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Pembelajaran Life Skill di PKBM Az-Zahra Kepahiang (Doctoral dissertation, Institut Islam Negeri Curup).

Wulandari, Ari (2011), Batik Nusantara (Makna Filosifis, Cara Pembuatan & Industri.. Yogyakarta. Penerbit CV Andi Offset.

Yuliarma, Y. (2016). The Art of Embroidery Designs: Mendesain Motif Dasar Bordir dan Sulaman. Jakarta: Gramedia

Yuliarma, Y. (2003). Studi tentang Desain Hiasan pada Bordir di Industri Kerajinan Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam Sumatera Barat.

Yuliarma, Y. Kombinasi Warna Sulaman Suji Cair pada Produk Selendang di Daerah Koto Gadang Sumatera Barat. Jurnal Kajian Seni, 9(1), 98-115.

Yuliarma, Y. Philosophical Meaning Of Pariangan Batik Motifs as an Effort to Preserve Minangkabau Culture. Gondang 7, no 2 (2023): 570-579


Keywords


batik diwo; motifs; color; technique; process

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gr.v13i01.57035

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 10 times

Copyright (c) 2024 Sherena Asrofah Maysara, Yuliarma Yuliarma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Gorga : Jurnal Seni Rupa
Email: gorgajurnalsenirupa@unimed.ac.id

Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +6285278021981.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License