UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY
Abstract
ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan ModelPembelajaran Discovery di kelas V SDN117470 Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 117470 Kampung Sawah. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 28 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk esai buatan guru dan peneliti serta lembar observasi untuk merekam peningkatan hasil belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Kata kunci : Hasil Belajar , Metode Pembelajaran Discovery.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v1i1.1346
Article Metrics
Abstract view : 552 timesPDF - 321 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 AMAN RAMBE
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.