PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI BERBASIS KARAKTER PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN IPA DI PROGRAM STUDI PGSD UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

NURHAIRANI .

Abstract


Abstrak

PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) merupakan salah satu program studi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan yang akan menghasilkan calon-calon guru di sekolah dasar. Di program studi PGSD setiap mahasiswa memiliki kewajiban untuk mengambil mata kuliah pendidikan IPA sebagai bekal bagi mahasiswa untuk memberikan materi IPA di tingkat Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini ingin menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai karakter kepada mahasiswa melalui model pembelajaran simulasi, dan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan proses pembelajaran pendidikan IPA di SD. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengikuti alur yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model pembelajaran simulasi dapat membangun nilai-nilai karakter mahasiswa. Dari hasil penelitian ini juga dapat dilihat  bahwa dengan menerapkan model pembelajaran simulasi perkembangan kualitas karakter mahasiswa sejalan dengan perkembangan kemampuan mahasiswa dalam melakukan pembelajaran IPA di SD

Kata kunci : Karakter, Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan IPA di SD


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v1i1.1348

Article Metrics

Abstract view : 266 times
PDF - 612 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 NURHAIRANI .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.