PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN VCD DALAM MEMPERBAIKI AKTIVITAS BELAJAR IPA TERPADU SISWA KELAS IX-1 SMPN 1 PATUMBAK

DIANA MANURUNG

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa antara lain: hasil belajar siswa, keterampilan psikomotorik siswa, dan aktivitas siswa saat bekerja dalam kelompok dikelas pada mata pelajaran Seni budaya dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT di kelas IX-1 SMPN 1 Patumbak. Subjek  penelitian ini  diambil di kelas IX-1 SMPN 1 Patumbak dengan jumlah siswa 32 orang. Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 22,1 hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata siswa jarang membaca buku sebelum  pembelajaran disekolah.  Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM  ke II dan  KBM ke IV dilakukan  tes hasil belajar  Postes I dan Postes II  hasilnya  masing-masing menunjukkan 78,1 dan  89,6. Melihat data tersebut ada perubahan dan perubahan tersebut akibat tindakan guru selama KBM pada Siklus II. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain  membaca (39%), bekerja (30% ), bertanya sesama teman (14%),   bertanya kepada guru (12%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (5%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada Siklus II antara lain  membaca (22%), bekerja (40%), bertanya sesama  teman (18%), bertanya kepada guru (18%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (2%).  Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT selama KBM siswa sangat senang, sangat antusias, dan peneliti/guru sebelum berkelompok perlu dijelaskan tujuan berkelompok agar siswa mengerti tugasnya masing-masing.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), VCD, Aktivitas.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v2i1.1743

Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF - 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 DIANA MANURUNG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.