MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI TG. PURA
Abstract
ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa kelas V SD Negeri 050729 Tg. Pura pada pembelajaran IPS yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kurangnya motivasi yang diberikan guru kelas, pembelajaran yang kurang menarik dan kurangnya variasi metode dan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas. Subjek penelitian ini sebanyak 30 orang siswa kelas V SD Negeri 050729 Tg. Pura tahun ajaran 2013/2014. Peneliti menggunakan angket yang diisi oleh siswa untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan persentase. Berdasarkan angket yang digunakan pada saat awal penelitian 10 orang (33,33%) siswa memiliki motivasi belajar tinggi. Setelah siklus I 53.33% siswa yang bermotivasi belajar tinggi.Pada siklus II 93.33% siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 050729 Tg.Pura. oleh karena itu, model pembelajaran talking stick dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Motivasi belajar, model pembelajaran, dan talking stick
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v2i1.1746
Article Metrics
Abstract view : 967 timesPDF - 508 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 JURIA SARI, ROBENHART TAMBA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.