MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEED READING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 014610 SEI RENGGAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia menggunakan metode Speed Reading. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 014610 Sei Renggas dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik analisis data yang digunakan dengan menghitung persentase hasil observasi. Dari data observasi awal terdapat 5 orang (16%) dinyatakan tuntas. Setelah diberi tindakan pada siklus I pertemuan I dan II diperoleh data kemampuan siswa dengan nilai rata-rata kelas 63,75 dan 68,9 dengan ketuntasan klasikal tuntas 17 orang (53%), dan 20 orang (62%). Pada siklus II nilai rata-rata 76,88 dan 86,25 dengan ketuntasan klasikal 28 orang (67%) tuntas.
Kata Kunci : Kemampuan membaca, Speed Reading, Bahasa Indonesia.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v3i1.2148
Article Metrics
Abstract view : 2132 timesPDF - 2609 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Eva Betty Simanjuntak, Dewi Ana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.